Kabupaten AgamSumatera Barat

Puskesmas Sungai Pua Wakili Agam dalam Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi

219
×

Puskesmas Sungai Pua Wakili Agam dalam Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini
Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima Dan Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 Di Puskesmas Sungai Pua
Penilaian kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 di Puskesmas Sungai Pua, Senin (4/9/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Hari ini, Senin (4/9/2023), Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti mewakili Bupati Agam ikuti Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik diselenggarakan sebagai ajang pengembangan inovasi dan memotivasi, untuk lahir dan terciptanya berbagai inovasi baru yang telah dilakukan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP).

“Melalui kompetisi ini kita berharap seluruh Unit Kerja Pelayanan Publik yang ada dapat termotivasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat melalui perbaikan mutu layanan dan inovasi-inovasi yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat,” ungkap Sekdakab Agam itu dalam sambutannya pada penilaian kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 di Puskesmas Sungai Pua.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Tim Penilai Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 antara lain Prof Dr Edi Safri, Sawir Pribadi, Dr Ria Ariany MSi, Dr Zikri Alhadi, SIP, MA, dan Siri Antoni, SThi, MSi.

Puskesmas Sungai Pua merupakan salah satu UKPP yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam dengan kualitas layanan yang sangat baik, sehingga Pemda Kabupaten Agam sepakat untuk menunjuk Puskesmas Sungai Pua sebagai perwakilan Kabupaten Agam dalam ajang kompetisi bergengsi tahun ini.  

“Dan baru-baru ini Puskesmas Sungai Pua juga mendapat sertifikat akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” tambah Edi Busti.

Dengan wilayah kerja yang cukup luas, meliputi  5 nagari, 28 jorong, berbagai terobosan dan inovasi telah dilakukan oleh Puskesmas Sungai Pua dalam rangka  meningkatkan kuallitas layanannya.

Peningkatan kualitas layanan dapat terlihat dari meningkatnya kepuasan masyarakat, yang ditandai dengan adanya perbaikan Indeks Kepuasan Masyarakat.

“Pada Semester II tahun 2022 IKM Puskesmas Sungai Pua hanya 74,45, namun pada Semester I 2023 meningkat menjadi 80,99,” terangnya.

Berbagai inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Pua dan menjadi andalan dalam meningkatkan kualitas layanan adalah SALASAI ( Satukan Langkah Sehat Untuk Indonesia ) dimana Inovasi ini berawal dari Bahasa Minang yang artinya setiap pekerjaan yang ditugaskan oleh Pimpinan maka akan diselesaikan secara tuntas oleh petugas dan pemegang program pada Puskesmas Sungai Pua.

Inovasi Salasai merupakan induk dari beberapa inovasi lainnya, yang terdiri dari beberapa inovasi antara lain : Gebyar Cinta Prolanis, Cintai Bumil, Sicepat Sehat, Soenting Emas, GETAR, Panah Asmara dan Setia Untuk Sidia.

Bupati juga berharap pada penilaian hari ini, Kabupaten Agam dapat mengukir prestasi terbaik dalam pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tahun 2023 di Propinsi Sumatera Barat.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT