banner pemkab muba
Kabupaten AgamSumatera Barat

Tiga Walinagari di Kecamatan Palembayan Sertijab

209
×

Tiga Walinagari di Kecamatan Palembayan Sertijab

Sebarkan artikel ini
Bupati Agam, Andri Warman Saksikan Sertijab Walinagari Di Kecamatan Palembayan
Bupati Agam, Andri Warman saksikan Sertijab Walinagari di Kecamatan Palembayan. (f/kominfo)

Mjnews.id – Memasuki hari ketiga pelaksanaan sertijab walinagari periode 2023-2029 digulirkan, Kecamatan Palembayan pada hari ketiga ini sertijab dan tandatangani Berita Acara untuk tiga nagari, dua nagari pemekaran dan satu nagari induk.

Kepala Dinas PMN Kabupaten Agam, Asril di Lubuk Basung sebelum menghadiri acara sertijab di 3 nagari Kecamatan Palembayan tersebut, Senin (4/9/2023), menyampaikan bahwa hari ketiga sertijab ini di lakukan di 3 nagari yaitu Nagari Salareh Aia Barat, Utara dan Salareh Aia itu sendiri.

“Sertijab Wali Nagari Salareh Aia Barat dilakukan dari Nofriati S Sos kepada Rabuman dan pelantikan Ketua TP PKK Nagari Salareh Aia Barat, Ny Aswarni Rabuman bertempat di SDN 27 Tapian Kandis,” katanya

Untuk Nagari Salareh Aie Utara Asril menjelaskan, sertijab dilaksanakan di halaman Penginapan Siti Hawa di nagari tersebut sekaligus ketua PKK nagarinya pukul 13.00 WIB.

“Zulkifli sertijab dengan Pj wanag Ahmad Kadir dan Ny. Yunita Zulkifli dikukuhkan menjadi Ketua TP PKK Nagari Salareh Aia Utara,” jelasnya.

Sementara di Nagari Salareh Aia, wali nagari terpilih menerima serah terima di Kantor Walinagari Salareh Aie.

“Rijal Islami T melakukan penandatangan Berita Acara Sertijab dari Iron Maria Edi dan Ny Mutia Rijal sebagai Ketua TP PKK Nagari yang baru,” tambah Asril.

Pantauan di tempat sertijab 3 Nagari tersebut, masyarakat terlihat ramai dan mengikuti rangkaian acara dengan tertib.

Camat, forkopincam Palembayan, Ninik mamak dan tokoh-tokoh masyarakat 3 nagari itu serta OPD yang terundang juga hadir bersama ditempat pelaksanaan sertijab yang berbeda beda itu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati bersama ketua TP PKK Ny Yeni Andri Warman hadir dan memberikan sambutan serta menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari Pj walinagari dan walinagari yang lama kepada Walinagari hasil pemilihan.

Bupati dalam sambutanya mengucapkan selamat atas amanah yang diterima dan menyampaikan pesan agar walinagari Salareh Aia Barat yang baru terpilih harus sejalan dengan harapan masyarakat.

“Amanah dan kepercayaan yang diberikan ini tentu harus sejalan dengan harapan masyarakat dan harus ditebus dengan kemampuan dan kerja keras untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat,” kata Bupati.

Pada Sertijab di Nagari Selareh Aia utara Bupati AWR mengatakan untuk bekerja dengan ekstra karena merupakan nagari yang baru berdiri.

“Walinagari Selareh Aia utara merupakan nagari baru yang harus memberikan pelayanan dan pembangunan yang setara dengan nagari yang sudah ada sebelumnya,” tegas AWR.

Terakhir, serah terima dilakukan di Nagari Induk yaitu Nagari Salareh Aia yang dilaksanakan di Kantor Walinagari, Bupati mengungkapkan nagari Salareh Aia yang merupakan nagari induk agar optimal dalam melakukan pembangunan karena wilayahnya telah diperkecil.

“Walinagari Salareh Aia harus menjaga konsistensi dalam melaksanakan pelayanan masyarakat serta bekerja lebih ekstra karena jangan pula nanti lebih maju anak dari pada induk,” kata bupati yang diamini oleh seluruh yang hadir.

Bupati juga menutup sambutannya dengan mengulangi sambutan di tempat sertijab Salareh Aia Barat dan Utara dengan mengatakan para walinagari yang seritijab agar banyak belajar dan menjalin komunikasi yang baik dengan warga dan Pemda tentang pelaksanaan kegiatan agar sukses menjalankan visi dan misi serta rencana program sebelum pemilihan.

Pemilihan Wali Nagari di Salareh Aia dan nagari pemekaran termasuk bersama 38 nagari yang dilakukan secara e voting pada bulan Juli 2023 dan telah dilantik oleh Bupati Agam, Andri Warman bersama walinagari lainnya, Kamis (24/8/2023) lalu.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600