Kabupaten AgamSumatera Barat

Pemkab Agam Teken MoU Pengembangan SDM dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

155
×

Pemkab Agam Teken MoU Pengembangan SDM dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sebarkan artikel ini
Pemkab Agam Teken Mou Pengembangan Sdm Dengan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Bupati Agam, H Andri Warman saat penandatanganan MoU Pengembangan SDM dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Agam semakin mengokohkan posisinya sebagai daerah yang sangat “concern” dalam pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah perguruan tinggi yang menggalang kerja sama dengan daerah yang banyak melahirkan pahlawan nasional tersebut.

Salah satu perguruan tinggi itu adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) Kerja Sama dalam Peningkatan dan Pengembangan SDM di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Naskah MOU ditandatangani antara Bupati Agam Dr H Andri Warman MM dengan Rektor UIN Jakarta, Prof Dr Asep Saepudin Jahar di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Hadir menyaksikan penandatangan adalah Dekan Fakultas Ilmu Tadris dan Keguruan (FITK), Prof Siti Nurul Azkiyah, PhD, dan Prof Dr Ratna Sari Dewi, Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu, pejabat Pemda Agam yang turut mendampingi adalah Kadis Dikbud Drs Isra, MPd, Tenaga Ahli Bupati Efri Yoni Baikoeni, dan Kabag Tata Pemerintahan Fauzi.

Penandatanganan MoU dilakukan dalam kesempatan pembukaan Seminar Internasional “Inovasi Teknologi dan Pendidikan untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals”.

Selain dengan Pemda Agam, UIN Jakarta juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Sultan Azlan Syah (USAS) Malaysia.

Dalam sambutannya, Bupati Agam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada UIN Jakarta yang akan bekerja sama dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Pemda Agam khususnya dalam pengembangan SDM.

“Harapannya MOU dapat segera terealisasi dalam kegiatan nyata karena pengembangan SDM adalah sebuah hal yang vital untuk dikelola dengan baik agar kualitas pelayanan publik semakin meningkat sesuai tuntutan masyarakat”, ujar Bupati.

Bagi Kabupaten Agam, pengembangan SDM merupakan salah satu program unggulan yang telah banyak mendapat pengakuan dari berbagai pihak.

Salah satunya adalah dari Tempo Inti Media yang menobatkan Bupati Agam sebagai Tokoh Indonesia dalam Peningkatan SDM dan Pendidikan.

Tanda penghargaan diserahkan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas tanggal 29 Agustus 2023 di Jakarta.

Diantara pemerintah daerah di Indonesia yang dinilai terbaik dan masuk 5 besar adalah Kabupaten Agam, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Cilegon, Kota Surabaya dan Kota Gorontalo.

Sejauh ini, Pemda Agam sudah menandatangani MOU dengan 15 perguruan tinggi di Indonesia diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Trisakti, UIN Jakarta, Universitas Terbuka (UT), Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) dan lain-lain.

(jef)

Kami Hadir di Google News