Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Momen HUT RI ke-78, Warga Jorong Koto Hilalang I Sitiung 2 Adakan Wayang Kulit Semalam Suntuk dan Bersih Desa

231
×

Momen HUT RI ke-78, Warga Jorong Koto Hilalang I Sitiung 2 Adakan Wayang Kulit Semalam Suntuk dan Bersih Desa

Sebarkan artikel ini
Warga Jorong Koto Hilang I Sitiung 2 Adakan Wayang Kulit Semalam Suntuk
Warga Jorong Koto Hilang I Sitiung 2 blok A Nagari Sungai Langkong, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat adakan Wayang Kulit semalam suntuk. (f/ist)

Mjnews.id – Dalam memperingati Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun, Warga Transmigrasi yang berada di Jorong Koto Hilalang I Sitiung 2 blok A Nagari Sungai Langkong, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menggelar kesenian tradisional wayang kulit dan bersih desa pada hari Sabtu (21/08/2023) malam lalu di lapangan Bola Kaki di Jorong Koto Hilalang I.

Ketua Panitia, Poniman yang juga Bacaleg Dapil III Kabupaten Dharmasraya dari PAN tersebut saat ditemui awak media di kediamannya pada Senin (21/08/2023) mengatakan, Kami Warga Transmigrasi yang berada di Jorong Koto Hilalang I Sitiung 2 blok A Nagari Sungai Langkong telah menetap sejak 1976 dari Pulau Jawa. Pada momentum Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 78 tahun ini menggelar wayang kulit semalam suntuk dalam lakon lahirnya wising ngeni yang artinya lahirnya pemimpin baru. Kegiatan ini dalam rangka Kemerdekaan Bangsa Indonesia kemudian ada acara bersih desa.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Tujuan Kami adalah bagaimana budaya tradisional wayang ini bisa kami lestarikan di tengah Warga Transmigrasi yang berada di Jorong Koto Hilalang I Sitiung 2.

Budaya tardisonal wayang adalah budaya tontonan yang dimainkan oleh para dalang dan pemain gamelan serta sinden menyajikan pesan-pesan kehidupan dan pembangunan serta persatuan bangsa. “Kesenian Wayang kulit ini merupakan warisan dari leluhur kita selama ini,” ucap Poniman.

Ditambahkan Poniman yang juga kader PAN ini, intinya kami Warga Transmigrasi sangat senang sekali dengan adanya hiburan wayang kulit semalam suntuk, memberikan hiburan dan menggiatkan kesenian kampung halaman di Pulau jawa tersebut.

“Kami berharap pada setiap tahun kami akan menggelar kesenian tradisional jawa di daerah ini untuk melestarikan dan mencintai budaya jawa dan menjalin persatuan bangsa di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Dharmasraya yang multi etnis ini,” ucap Poniman.

(*/eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT