Kabupaten SijunjungSumatera Barat

Minggu, Nagari Sijunjung Selenggarakan Festival Alek Mande

236
×

Minggu, Nagari Sijunjung Selenggarakan Festival Alek Mande

Sebarkan artikel ini
Walinagari Sijunjung, Rajilis Bandaro Sati
Walinagari Sijunjung, Rajilis Bandaro Sati. (f/obral)

Mjnews.id – Pada Minggu 12 November 2023, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) selenggarakan Festival Alek Mande (FAM) yang akan dihadiri langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Perfilman RI serta Gubernur Sumbar.

Hal ini dikatakan Walinagari Sijunjung, Rajilis Bandaro Sati saat dijumpai awak media ini di kantornya Jumat 10 November 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

FAM Nagari Sijunjung mengusung tema Berkaul Adat Nagari (BAN), dengan peserta FAM diikuti sekira 500 peserta dari 19 daerah kabupaten dan kota se-Sumbar.

“Acara seremonial FAM Nagari Sijunjung akan berlangsung di Perkampungan Adat Sijunjung (PAS). Berkaul Adat Nagari Sijunjung ini telah menjadi warisan budaya tak benda ditingkat nasional,” kata Rajilis.

Kegiatan Berkaul Adat Nagari Sijunjung ini nantinya diselenggarakan pada hari puncak tanggal 11 Desember 2023.

Saat itu para ninik mamak dan bundo kanduang anak keponakan akan melakukan membuka kapalo banda sebagai pertanda dimulainya turun ke sawah.

“Sebagai wujud syukuran kepada Allah SWT atas panenan yang lumayan maka ditandai dengan kegembiraan penduduk ini dengan menyembelih kerbau buat panganan bersama”, yang dibubuhi pula dengan berzakat buat pembangunan rumah ibadah.

(Obral)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT