Kabupaten SolokBudaya

Suku Panyalai Nagari Paninggahan Lewakan Gala Pusako Dt. Rajo Mulia

390
×

Suku Panyalai Nagari Paninggahan Lewakan Gala Pusako Dt. Rajo Mulia

Sebarkan artikel ini
Suku Panyalai Nagari Paninggahan Acara Malewakan Gala Pusako
Suku Panyalai Nagari Paninggahan Acara Malewakan Gala Pusako Dt. Rajo Mulia.

Arosuka, MJNews.ID – Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar menghadiri acara Malewakan Gala Pusako Dt. Rajo Mulia dalam Suku Panyalai Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih di rumah gadang suku Panyalai, Sabtu 18 September 2021.

Kedatangan Bupati disambut oleh Camat Junjung Sirih Herman, Walinagari Paninggahan Yoserizal, para niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, serta masyarakat setempat. Selain Bupati, juga tampak hadir Anggota DPRD Nazar Bakri, dan Forkompimcam Junjung Sirih.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Dt. Rajo Dihulu menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kehadiran Bupati pada acara malewakan gala pusako tersebut.

Pada kesempatan itu, Ia juga memaparkan, Nagari Paninggahan terdiri dari 70 kaum dan 5 suku (Koto, Guci, Pisang, Panyalai, dan Jambak). 50 persen kaum sudah mempunyai pimpinan.

Menurutnya, saat ini Nagari Paninggahan tidak mempunyai Kantor Kerapatan Adat Nagari yang representatif karena berada tepat di pinggir jalan. Hal ini mengakibatkan para niniak mamak sudah tidak bisa lagi mengadakan sidang, musyawarah, maupun rapat adat. Selama ini lanjutnya, apabila ada kegiatan rapat dan sejenisnya, maka akan dilaksanakan dari satu rumah gadang ke rumah gadang lainnya.

Ia menambahkan, dari hasil keputusan rapat bersama antara masyarakat dan niniak mamak pada tanggal 12 September 2021 yang lalu, diputuskan bahwa niniak mamak harus mencari lokasi baru untuk pembangunan kantor KAN yang baru.

”Alhamdulillah saat ini kami sudah mendapatkan rencana lokasi untuk pembangunan Kantor KAN yang baru, tepatnya di Jorong Parumahan dengan luas 640 m2,” ucapnya.

Oleh karena itu, Ia meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat memberikan solusi maupun sumbangan pemikiran terhadap persoalan ini. Menurutnya lagi, dana yang telah terkumpul dari hasil sumbangan masyarakat dan perantau sudah berjumlah Rp. 108 juta. Sementara dana untuk pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan Kantor KAN tersebut diperkirakan mencapai Rp. 320 Juta.

Bupati Epyardi dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada Angku Mansyah yang telah dilewakan gala pusako Dt. Rajo Mulia Suku Panyalai dalam Nagari Paninggahan.

Terkait dengan apa yang telah disampaikan oleh Ketua KAN Nagari Paninggahan, Bupati menyampaikan akan berupaya memberikan solusi dan membantu pembangunan Kantor KAN Paninggahan sebesar Rp. 200 juta di tahun 2022 mendatang. Dengan syarat harus sesuai aturan yang berlaku.

“Saya sangat prihatin dengan tidak adanya balai-balai adat di Nagari Paninggahan. Sebagai pemerintah ada aturan yang harus dipedomani. Untuk dana hibah prosedurnya susah dan terbatas. Pemerintah siap membantu dengan syarat tanahnya sudah ada. Tanah tersebut harus atas nama pemerintah nagari, dan kemudian diusulkan program nagari dengan pembangunan rumah adat,” ujar Bupati menjelaskan.

Bupati juga mengajak kepada masyarakat melalui niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, dan tokoh masyarakat yang hadir untuk saling membantu dan bekerjasama dalam membangun nagari dan Kabupaten Solok yang lebih baik.

”Sebagai Bupati yang telah diberikan amanah oleh masyarakat Kabupaten Solok, tentunya tidak akan dapat bekerja sendiri dalam mewujudkan visi misi menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumbar,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan, ibarat pepatah biduak lalu kiambang batawik, hilangkanlah segala perbedaan yang ada, dan mari secara bersama membangun nagari dan Kabupaten Solok.

“Prinsipnya adalah maju untuk pengabdian, sebagai Bupati saya ingin bermanfaat untuk masyarakat banyak. Dalam waktu dekat saya akan undang Walinagari BPN dan tokoh masyarakat untuk membawa usulan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di nagari,” tegasnya mengakhiri.

(zal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT