Padang PanjangSumatera Barat

Eri Sandang Gelar Datuak Majo Endah Suku Koto Nan Duo Buah Paruik, Nagari Gunuang

234
×

Eri Sandang Gelar Datuak Majo Endah Suku Koto Nan Duo Buah Paruik, Nagari Gunuang

Sebarkan artikel ini
Eri Sandang Gelar Datuak Majo Endah Suku Koto Nan Duo Buah Paruik, Nagari Gunuang
Penjabat Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra mengucakpan selamat kepada Eri, yang menyandang gelar Datuak Majo Endah Suku Koto Nan Duo Buah Paruik, Nagari Gunuang, Kecamatan Padang Panjang Timur. (f/kominfo)

Mjnews.id – Kaum Suku Koto Nan Duo Buah Paruik, Nagari Gunuang, malewakan gelar Eri dengan gelar adat Angku Datuak Majo Endah, Senin (18/12/2023) di Medan Nan Bapaneh, Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, dalam kesempatan ini berharap, melalui malewakan gala ini dapat mempererat kekompakkan ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta Pemerintah Kota dalam membangun Kota Padang Panjang.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Sebuah prosesi yang menandai hadirnya tokoh pemimpin dalam kaum. Pai tampek batanyo pulang tampek babarito. Pemko menyambut positif dilewakanya gala ini. Semoga dapat membawa kebaikan dalam memimpin kaum sesuai dengan kewajibannya,” sampai Sonny.

Atas nama Pemko, dirinya mengucapkan selamat atas dilewakannya gala Kaum Suku Koto Nan Duo Buah Paruik ini dan berharap seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu dalam kehidupan bernagari.

“Semoga amanah ini dapat membawa kebaikan dalam kaum dan masyarakat. Meningkatkan sinergi serta dapat memberikan pemikiran yang positif dalam memajukan Padang Panjang,” harapnya.

Ketua Harian Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, H. Amril Amir Datuak Lelo Basa menyampaikan, malewakan gala merupakan warih nan bajawek pusako ditolong.

“Semoga gelar yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan baik, dapat dibawa bekerja sama. Malewakan gala bertujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak bahwa gelar ini yang sudah melalui kesepakatan kaum. Kita berharap pangulu yang dilewakan dapat merangkul dan membimbing kamanakan. Memberikan peran dalam penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” harapnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT