BudayaPesisir SelatanSumatera Barat

Suku Tanjung Bungo Pasang Salido Batagak Gala Sako

174
×

Suku Tanjung Bungo Pasang Salido Batagak Gala Sako

Sebarkan artikel ini
Suku Tanjung Bungo Pasang Salido Batagak Gala Sako
Suku Tanjung Bungo Pasang Salido Batagak Gala Sako. (f/ist)

Pesisir Selatan, Mjnews.id – Bupati Pesisir Selatan diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Wendi, hadiri “malewaan gala sako (gelar adat)” suku Tanjung kepada Hendrizal SP, Datuak Putiah, di Bungo Pasang Salido, Sabtu (20/11/2021). 

“Di tengah kemajuan teknologi yang makin pesat, nilai-nilai kekeluargaan, sosial dan kemasyarakat kian terkikis. Bahkan nilai-nilai budaya dan etika juga memudar. Untuk, itu revitalisasi fungsi dan peran niniak mamak perlu terus digelorakan,” katanya. 

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi peran ninik mamak selama ini yang turut aktif menjaga nilai-nilai adat budaya dan moralitas anak kemenakan. 

“Pemerintah tak sanggup mengerjakan sendiri, maka peran ninik mamak tentu terus ditunggu,” tukuknya. 

Walau menurut Bupati, Pemda karena keterbatasan anggaran belum mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi operasional KAN, namun atensi itu akan terus ditingkatkan. 

“Melalaui program dan kegiatan kabupaten maupun bantuan melalui dana nagari, perhatian itu akan terus ditingkatkan” sebutnya. 

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada Pucuk Adat dan Bundo Kanduang untuk berlapang hati, karena beratnya amanah yang dipikul. 

“Tak ada jadwal dalam mengurus anak kemenakan, kapan dan bila saja dibutuhkan” tutupnya. 

Pelewaan gala adat kepada Hendrizal, S.P dengan sebutan Datuak Putiah di kebesaran Suku Tanjuang Bungo Pasang Salido berlangsung meriah dan hikmat.

(myd)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT