banner pemkab muba
BudayaKabupaten Solok

Potong Kerbau, Nagari Kubung 13 Solok Baralek Gadang pada 26-27 Februari 2022

78
×

Potong Kerbau, Nagari Kubung 13 Solok Baralek Gadang pada 26-27 Februari 2022

Sebarkan artikel ini
Panpel Alek Gadang Kubung 13
Bendahara Panpel Alek Gadang Kubung 13, Yetna Sriyanti (kanan) dan Sekretaris Oca (baju merah). (zal mega)

Solok, MJNews.id – Panitia Alek Gadang Kubung 13 menjalin dan memperkuat tali silaturahmi dan komunikasi Nagari Kubung 13 dan sekitarnya di Istana Rajo Syarak Tuan Bagindo Yang Pituan, 26-27 Februari 2022, mengundang Gubernur Sumbar Mahyeldi, Ketua LKAAM Sumbar, Bupati dan Walikota Solok dalam acara tersebut.
Ketum Alek Gadang Kubung 13 Abel Dt. Bagindo Tanameh bersama Bendahara Yetnasriyanti, A.Md menjelaskan hal tersebut kepada MJNews.id di Salayo, Kamis (17/2/2022).
Abel Dt. Bagindo Tanameh menyebutkan, selain undangan tersebut di atas, panitia pelaksana juga mengundang Raja Raja se alam Minangkabau dan balahan Rajo, baik di Luhak maupun di luar Luhak.
Sementara itu, Yetnasriyanti mengatakan, acara sakral adat istiadat Nagari Nagari Kubung 13 dan sekitarnya, baru pertama kali dilakukan sejak beberapa dasawarsa ini. Maka itu agar acara bersejarah itu sukses serta berjalan lancar.
Panitia alek sengaja memotong satu ekor kerbau dan menampilkan serangkai tari dan kesenian tradisional seperti bersanji, berselawat nabi, berselawat dulang, penampilan randai dan pencak silat. Panitia pelaksana sejak beberapa waktu sudah menggelar beberapa kali rapat panitia demi suksesnya kegiatan.
Undangan kepada Ninik Mamak dan Bundo Kandung masing-masing nagari sudah diberitahu dan disebarluaskan. Namun Panpel juga mohon maaf kepada semua ninik mamak, bundo kandung, parik paga nagari jika undangan tidak sampai karena keterbatasan deadline dan tenaga kerja.
Yang penting niat semangat kebersamaan ini kita semua berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan pituah adek lamo pusako usang. Manjapuik nan tacicie dan mengumpuan nan taserak.
Kegiatan dilakukan di Istana Rajo Syarak Kubung 13 Dt Bagindo Yang Pituan Sati.
(Zal Mega)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600