Kabupaten SolokSumatera Barat

PDAM Kabupaten Solok Berikan 1.002 Sambungan Rumah untuk 5 Kecamatan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

625
×

PDAM Kabupaten Solok Berikan 1.002 Sambungan Rumah untuk 5 Kecamatan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Sebarkan artikel ini
Direktur Pdam Kabupaten Solok, Febri Fauza
Direktur PDAM Kabupaten Solok, Febri Fauza. (f/obral)

Mjnews.id – Direktur PDAM Kabupaten Solok, Febri Fauza mengumumkan bahwa dalam waktu dekat, sebanyak 1.002 Sambungan Rumah (SR) masyarakat berpenghasilan rendah di 5 kecamatan akan mendapatkan pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Solok.

Kabar gembira sambungan rumah ini diungkapkan saat Febri Fauza memberikan keterangan kepada awak media di kantornya pada Selasa, 18 Juli 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menurutnya, daerah kecamatan yang akan mendapatkan sambungan rumah air bersih adalah Gunung Talang, Lembah Gumanti, Pantai Cermin, Lembang Jaya, dan Hilir Gumanti. Untuk satu SR, proyek ini bernilai sekitar Rp 3 juta.

Febri Fauza menjelaskan bahwa proses penyediaan fasilitas infrastruktur fisik seperti pipanisasi dan saluran air bersih dilakukan oleh Balai Permukiman Prasarana Wilayah (BPPW) Sumbar. Program ini merupakan bagian dari hibah yang diperoleh dari APBN pusat untuk air minum perkotaan di daerah tersebut.

Saat ini, proses perencanaan telah selesai dan melibatkan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Setelah pengerjaan proyek fisik selesai dan sesuai dengan hasil penilaian spesifikasinya, dana pengganti dari APBN akan digunakan dengan total penganggaran sekitar Rp 3,4 miliar.

Namun, dana pengganti dari sumber APBN harus didahulukan dengan sumber dana APBD Kabupaten Solok. Dengan nilai per 1 SR sekitar Rp 3 juta, ini menjadi dorongan atau dukungan untuk lebih berhati-hati dan berkualitas dalam penggunaan anggaran.

Febri Fauza menegaskan bahwa kolaborasi sumber dana APBN memberikan tantangan dalam penggunaan anggaran APBN dengan mempertaruhkan kualitas melalui dukungan dana APBD Kabupaten Solok yang harus memiliki kualitas yang baik.

(Obral)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT