Kepulauan MentawaiKPUSumatera Barat

KPU Mentawai Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Bersama Jurnalis

177
×

KPU Mentawai Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Bersama Jurnalis

Sebarkan artikel ini
Kpu Mentawai Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Bersama Jurnalis
KPU Kepulauan Mentawai Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Bersama Jurnalis. (f/ist)

Mjnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai adakan Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 bersama jurnalis Mentawai di Kedai Kopi Lulak, Kamis (23/11/2023).

Hadir dalam kegiatan, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Perdatin), Kurnia Illahi, Ketua DiKetua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM), Eki Butman, Sekretaris KPU Mentawai, Irman Susanto beserta Sekretariat KPU Mentawai dan Jurnalis Mentawai.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Ketua KPU Mentawai yang diwakili oleh Ketua Divisi Perdatin, Kurnia Illahi. Dalam pembukaan, Kurnia Illahi menjelaskan tentang pelaksanaan tahapan Pemilu Tahun 2024.

Kurnia Illahi mengatakan, Sosialisasi Tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu penting dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang sudah sejauhmana tahapan Pemilu 2024 berjalan.

“Saya secara pribadi dan secara lembaga (KPU Mentawai) menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran kawan-kawan dari berbagai media cetak, online, dan elektronik yang sudah meluangkan waktunya hadir pada sosialisasi tahapan pemilu ini,” ujarnya.

Merujuk kepada PKPU tahun 2022 pelaksanaan tahapan Pemilu telah berjalan dengan semestinya, karena sudah dimulai sejak Februari 2023 lalu.

Kurnia Illahi berharap kepada rekan-rekan media dapat ikut serta dalam mensosialisasikan tahapan pemilu yang sudah berjalan saat ini agar diketahui oleh masyarakat. Selain itu dia juga meminta masukkan dari rekan-rekan media agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana diharapkan.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Eki Butman, sebagai narasumber juga menjelaskan tahapan yang telah berlangsung dan sedang berlangsung saat ini.

Eki Butman juga menjelaskan tentang perubahan jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Mentawai dan alokasi kursi pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mentawai.

“Untuk Penetapan Dapil sekarang menjadi 4 Dapil dari 3 Dapil pada Pemilu 2019. Dengan jumlah kursi masih tetap, yaitu keseluruhan kursi sebanyak 20 kursi, ” jelasnya.

Adapun pembagian Dapil pada Pemilu 2024 adalah, Dapil 1 terdiri dari kecamatan Sipora Utara dan Sipora Selatan sebanyak 5 Kursi, Dapil 2 terdiri dari kecamatan Pagai Utara, Sikakap dan Pagai Selatan sebanyak 6 kursi, Dapil 3 terdiri dari kecamatan Siberut Utara dan Siberut Barat sebanyak 4 kursi dan Dapil 4 yang terdiri dari kecamatan Siberut Barat Daya, Siberut Selatan dan Siberut Tengah sebanyak 5 kursi.

Selain itu, Eki Butman juga menjelaskan syarat untuk dapat menggunakan hak pilih bagi masyarakat. Syarat untuk dapat menggunakan hak pilih tersebut adalah sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah dengan dibuktikan dengan KTP dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

“Saat ini masih dalam masa tahapan, sehingga jika ditemui ada pemilih yang sudah wajib pilih tapi tidak terdaftar, maka diminta untuk mendorongnya melapor kepada petugas di lapangan supaya bisa terdata,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibuka sesi tanya jawab antara rekan-rekan media dengan narasumber. Banyak pertanyaan dari rekan-rekan media terkait dengan tahapan pemilu antara lain tentang potensi pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi.

Moderator dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Canang Umpu dari Sekretariat KPU Mentawai. Kegiatan sosialisasi tersebut ditutup dengan sesi foto bersama anggota KPU Mentawai beserta sekretariat KPU Mentawai dengan rekan-rekan media.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT