Kota BukittinggiSumatera Barat

Kirab Pemilu 2024 Jalur I Sumatra Tiba di Kota Bukittinggi

237
×

Kirab Pemilu 2024 Jalur I Sumatra Tiba di Kota Bukittinggi

Sebarkan artikel ini
Kirab Pemilu 2024 Jalur I Sumatra Tiba di Kota Bukittinggi
Kirab Pemilu 2024 Jalur I Sumatra Tiba di Kota Bukittinggi. (f/humas)

Mjnews.id – Estafet perjalanan Kirab Pemilu Tahun 2024 jalur I Sumatra tiba di Kota Bukittinggi. Kedatangan kirab tersebut ditandai dengan prosesi serah terima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh kepada KPU Kota Bukittinggi, di Pelataran Jam Gadang, Kamis 22 Juni 2023.

Plh Ketua KPU Payakumbuh, Khairudin Fambo, menjelaskan, kirab dilakukan dengan dua metode. Pertama sosialisasi pemilu, kedua sosialisasi pendidikan pemilu. Imbauan kepada masyarakat digencarkan untuk memberikan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Semoga, pemilu 2024 berjalan dengan baik dan partisipasi pemilih meningkat,” ujarnya.

Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra, menyampaikan, Kirab ini digelar seperti yang diamanahkan oleh KPU RI. Dimana, salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi pada masyarakat bahwa pemilu 2024 akan segera dimulai.

“Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Namun tahapannya sudah berjalan. Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi aktif mensukseskan Pemilu tahun 2024. Jadilah pemilih yang cerdas dengan pertimbangan yang rasional. Ini wadah bagi kami sosialisasi pendidikan pemilih,” ungkapnya.

Komisioner KPU Sumbar Divisi Hukum dan Pengawasan, Hamdan, menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi, agar partisipasi masyarakat meningkat, untuk menggunakan hak suara dalam Pemilu serentak 2024. Partisipasi pemilih pada pemilu 2019 lalu, sebanyak 75,64 persen, sedangkan target nasional 77,5 persen lebih. Pada pilkada 2020 partisipasi pemilih Sumbar menurun ke angka 61,68 persen.

“Ini sebenarnya kegiatan yang sudah direncanakan oleh KPU RI, untuk lebih mensosialisasikan Pemilu 2024. Targetnya, pemilu 2024 berlangsung lancar dan sukses. Parameter pelaksanaan pemilu salah satunya partisipasi. Ini tidak selesai oleh pelaksana pemilu saja, namun persoalan partisipasi dikembalikan pada masyarakat yang memiliki hak pilih,” ungkapnya.

Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan, kirab ini menandakan pemilu 2024 tetap dilaksanakan. Pemilu 2024 juga dilaksanakan dengan sistem terbuka.

“Kita berharap, masyarakat dapat memilih tokoh atau wakil yang dapat menyampaikan aspirasi mereka dan tokoh yang dianggap paling baik memimpin bangsa Indonesia ini,” ujar Martias Wanto.

Untuk itu, lanjut Sekda, sosialiasi pemilu dan pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat. Prinsipnya, pemerintah kota akan terus mendukung sosialisasi kampanye pelaksanaan pemilu 2024.

Kirab pemilu 2024 di Bukittinggi akan berlangsung selama lima hari. Setelah Bukittinggi, kirab pemilu akan diserahkan ke KPU Kabupaten Tanah Datar.

(Aii)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600