Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Sebar 63 Sapi Kurban ke Masjid dan Musala Daerah 3T

240
×

Pemprov Sumbar Sebar 63 Sapi Kurban ke Masjid dan Musala Daerah 3T

Sebarkan artikel ini
Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar, Andri Yulika
Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar, Andri Yulika. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berkurban sebanyak 63 ekor sapi pada momentum Idul Adha 1444 Hijriah/2023. Nantinya, sapi kurban tersebut akan disebar pada daerah Terdepan Terpencil dan Tertinggal (3T) se Sumbar.

“Sapi kurban ini berasal dari ASN pada seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemprov Sumbar,” kata Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar, Andri Yulika di Padang, Kamis (22/06/2023).

Ia mengatakan, sapi kurban yang terkumpul itu akan didistribusikan ke masjid dan musala pada daerah 3 T yang kekurangan hewan kurban.

Sapi-sapi itu, nantinya akan diantarkan langsung oleh petugas yang telah disiapkan oleh Pemprov Sumbar melalui Biro Kesra Setda Prov. Sumbar, hingga sampai ke lokasi masjid atau musala yang telah ditetapkan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dari ASN Pemprov untuk masyarakat di Sumbar karena ada daerah yang penduduknya cukup banyak tapi jumlah hewan kurbannya masih sedikit atau bahkan tidak ada. Ini yang coba kita jangkau sehingga semua masyarakat bisa merasakan berkah dari Idul Adha,” ujarnya.

Sapi kurban tersebut direncanakan akan diserahkan secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah kepada perwakilan masyarakat yang telah ditetapkan sebagai penerima, sedangkan untuk acara prosesi penyembelihan sapi kurban nantinya akan dipusatkan di Nagari Gantiang Mudiak Utara (Langgai), Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 30 Juni 2023.

Sementara itu Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumbar, Al Amin mengatakan sapi kurban dari ASN Pemprov. Sumbar untuk masyarakat tersebut tidak kali ini saja dilakukan.

Pada tahun lalu, terkumpul sebanyak 28 ekor sapi kurban yang juga didistribusikan ke daerah-daerah 3 T. Ia bersyukur karena partisipasi ASN tahun ini cukup tinggi, jumlahnya meningkat lebih dari 100 % dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun ini, sapi kurban yang terkumpul disebar pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Khusus untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai dikirimkan berupa uang yang nantinya akan dibelikan sapi dari peternak lokal.

Ia mengaku, hal tersebut untuk memudahkan proses distribusi karena membutuhkan anggaran cukup besar dan risiko lain jika mengirimkan sapi dari Padang ke Mentawai.

“Perjalanan menggunakan kapal barang dari Padang menuju Mentawai butuh setidaknya 12 jam. Ada risiko sapi sakit atau bahkan mati di dalam perjalanan laut tersebut, sehingga kita memustuskan untuk mengirim dalam bentuk uang saja,”ungkap Al Amin.

Ia berharap, masyarakat menyambut baik program yang dilaksanakan oleh Pemprov Sumbar tersebut.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600