Kota PadangKota PariamanParlemen

DPRD Kota Padang Tinjau Program Smart City Pariaman

77
×

DPRD Kota Padang Tinjau Program Smart City Pariaman

Sebarkan artikel ini
Anggota Dprd Kota Padang Di Diskominfo Kota Pariaman
Anggota DPRD Kota Padang di Diskominfo Kota Pariaman. (f/mcp)

Kota Pariaman, Mjnews.id – Meninjau perkembangan program Smart City di Kota Pariaman, DPRD Kota Padang melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Pariaman, Selasa (12/4/2022).
Kunjungan DPRD kota Padang diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman, Erpan Sayuti yang didampingi oleh Kabid E-Gove Eka Putra Pernanda, Kabid Statistik Nofrizalnur dan Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Pariaman Elfadri, bertempat di ruang rapat BAPPEDA Kota Pariaman.
“Kota cerdas (Smart City) merupakan sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet untuk segala dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota. Mewujudkan pemerintahan yang handal dan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasiskan Smart City adalah salah satu misi Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin,“ ungkap Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman, Erpan Sayuti.
Mendukung suksesnya program smart city, Kota pariaman mempunyai beberapa potensi yang dimiliki. Diantaranya letak wilayah yang strategis, telah tersedianya jaringan fiber optik (FO) mencakup seluruh wilayah Kota Pariaman (PT. TELKOM), memiliki infrastruktur jaringan 4g/3g 90 % di seluruh wilayah Kota Pariaman (operator selular di Kota Pariaman : TELKOMSEL, SMARTFREN, TRI DAN XL), merupakan wilayah destinasi wisata pantai di sumatera dan tersedianya sdm it (programmer, IT support, teknisi jaringan dan tenaga digital grafis).
Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kota Pariaman melaksanakan layanan meliputi tata pemerintahan yang cerdas (smart governance), tata pemasaran cerdas (smart economy), tata kehidupan cerdas (smart living), tata masyarakat cerdas (smart society) dan tata lingkungan cerdas (smart environment).
“Diantara beberapa potensi yang kita miliki, Kota Pariaman juga mempunyai beberapa kendala dalam pembangunan Smart City, namun semua kendala sudah kita carikan solusinya. Semoga saja program Smart City untuk tahun berikutnya bisa terlaksana dengan sebaiknya, “ harapnya.
Sementara itu Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan sekaligus Ketua rombongan pada kunjungan DPRD Kota Padang ke Dinas Kominfo Kota Pariaman, Djunaidi Hendry usai kunjungan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan informasi yang telah diberikan Dinas Kominfo Kota Pariaman terkait Smart City di Kota Pariaman.
“Kami melakukan kunjungan ke beberapa daerah termasuk ke Kota Pariaman terkait Smart City bertujuan untuk mencari dan menggali informasi tentang pembangunan Smart City di Kota Pariaman dimana Kota Pariaman menjadi salah satu terbaik dan mendapat penghargaan terkait Smart City oleh pihak ITB dan Kementerian,“ ungkapnya.
Menarik perhatian DPRD Kota Padang terhadap Smart City di Kota Pariaman, khususnya Smart Governance. Ia menambahkan bahwa kami lebih mendalami inovasi Smart Governance di Kota Pariaman. Hal ini kami lakukan agar dapat mengetahui bagaiman Pemko Pariaman memberikan layanan terhadap masyarakat di dunia digital.
“Kita mengetahui bahwa Pemerintah Pusat juga punya program yang sama ke tingkat daerah dengan mewujudkan semua daerah menjadi Smart City. Inovasi-inovasi yang telah dilahirkan Pemko Pariaman menjadi pertimbangan dan contoh bagi kami ketika kami nanti melakukan pembahasan dengan OPD terkait di Kota Padang,“ tambahnya.
“Semoga saja apa yang kami dapati saat ini bisa juga kami sampaikan kepada OPD terkait sehingga apapun yang menjadi masalah sebelumnya di Kota Padang, bisa kami dapatkan solusinya dengan mencontoh inovasi yang dilakukan Pemko Pariaman,“ tutupnya.
(dl/sul)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT