Kota PadangKulinerSumatera Barat

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal

176
×

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal

Sebarkan artikel ini
Dinas Perikanan Dan Pangan Kota Padang Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal
Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Gelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal. (f/prokopim)

Mjnews.id – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan telah menggelar Lomba Pengolahan Pangan Lokal Tingkat Kota Padang di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang pada Jumat (7/7/2023) pagi.

Lomba ini diikuti oleh peserta dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan se-Kota Padang dan diresmikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan yang mewakili Wali Kota Padang.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Padang, Ny. Genny Hendri Septa, Ketua GOW Kota Padang, Ny. Ari Ekos Albar, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi, serta para Camat dan Ketua TP-PKK se-Kota Padang beserta Tim Dewan Juri.

Dalam sambutan dan arahannya, Staf Ahli Guswardi menyampaikan apresiasi atas digelarnya Lomba Pengolahan Pangan Lokal ini yang bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya mengonsumsi pangan lokal bagi masyarakat Kota Padang. Beliau berharap agar pengurus TP-PKK di kecamatan dan kelurahan terus mengkampanyekan hal tersebut kepada masyarakat.

Ketua TP-PKK Kota Padang, Ny. Genny Hendri Septa, juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang yang telah mengadakan lomba pengolahan pangan lokal di tahun ini.

Beliau berharap melalui lomba ini, masyarakat dapat berkreasi dan mengembangkan resep olahan pangan berbahan dasar lokal, seperti jagung, umbi-umbian, buah-buahan lokal, dan lainnya. Selain sebagai alternatif makanan dalam keluarga, pengolahan pangan lokal juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Ny. Genny juga menyoroti pentingnya pengurangan ketergantungan terhadap terigu dan beras, serta mengapresiasi kreativitas dan inovasi peserta dalam mengolah pangan lokal. Olahan pangan lokal yang dihasilkan dapat dijadikan menu sehari-hari dan juga meningkatkan pendapatan keluarga.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi, sebagai penyelenggara kegiatan, menjelaskan bahwa peserta lomba pengolahan pangan lokal kali ini terdiri dari TP-PKK Kecamatan se-Kota Padang untuk kategori makanan penutup/dessert.

Lomba ini juga diikuti oleh pelaku usaha pangan lokal untuk kategori pengolahan pangan lokal. Para pemenang akan menerima hadiah berupa trophy dan piagam. TP-PKK Kecamatan yang meraih juara pertama akan mewakili Kota Padang dalam lomba pengolahan pangan lokal tingkat provinsi.

Dengan adanya lomba pengolahan pangan lokal ini, diharapkan masyarakat semakin menghargai dan memanfaatkan kekayaan pangan lokal, serta mempromosikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT