banner pemkab muba
Kota PadangAdvParlemenSumatera Barat

Fraksi DPRD Padang Sampaikan Pandangan Akhir terhadap Empat Ranperda, Ini Detailnya

375
×

Fraksi DPRD Padang Sampaikan Pandangan Akhir terhadap Empat Ranperda, Ini Detailnya

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Empat Ranperda
Suasana Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Empat Ranperda.

Terkait Ranperda Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Juru Bicara Fraksi PKS mengatakan, Barang Milik Daerah merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Karena berfungsi untuk menunjang operasional jalannya pemerintahan daerah.

Menurutnya, Pengelolaan Barang Milik Daerah harus ditangani dengan baik agar aset daerah tersebut dapat menjadi modal awal bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan kemampuan keuangannya.

Optimalisasi PAD melalui pemanfaatan aset daerah dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu, Barang Milik Daerah harus dikelola dengan baik dan benar sehingga terwujud Pengelolaan Barang Milik Daerah yang transparan, efisien, akuntabel, ekonomis serta menjamin adanya kepastian nilai.

Rapat paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi DPRD Padang terhadap Empat Ranperda.

Paradigma baru pengelolaan Barang Milik Daerah juga menekankan pada penciptaan nilai tambah dari Barang Milik Daerah yang dimiliki. Persoalan Barang Milik Daerah jika tidak dikelola dengan baik, maka justru menjadi beban biaya karena kebutuhan biaya perawatan atau pemeliharaan dan penyusutan nilai barang seiring waktu. Salah satu perbaikan tata kelola pemerintahan daerah adalah dengan menerapkan manajemen Aset Daerah yang masif, dan terukur.

“Kami Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mendukung menetapkan Peraturan Daerah mengenai pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) karena bisa mengoptimalkan pengelolaan aset daerah dan menertibkan penatausahaan aset daerah,” ujarnya.

Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar serahkan Pandangan Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Empat Ranperda kepada Wakil Ketua Arnedi Yarmen, disaksikan Kasubag Humas Suzi Helda.

Hadir Walikota Padang diwakili Asisten II Cori Saidan, Kepala OPD, Kabag, Camat di lingkungan Pemko Padang, Dirut BUMD, Direktur RSUD Rasyidin, unsur Forkopimda, dan segenap undangan lainnya.

(Adv)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600