banner pemkab muba
BudayaKota Pariaman

Hadiri Ritual Ratik Tolak Bala, Ini Harapan Wali Kota Pariaman

115
×

Hadiri Ritual Ratik Tolak Bala, Ini Harapan Wali Kota Pariaman

Sebarkan artikel ini
Genius Umar
Walikota Pariaman, Genius Umar.

Kota Pariaman, Mjnews.id – Hadiri ritual ratik tolak bala, ini harapan Walikota Pariaman, Genius Umar, dimana siang menjelang sore ini, dirinya bersama dengan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, menghadiri ritual ratik tolak bala, sebuah Ritual yang dilakukan oleh warga Desa Taluk, Kecamatan Pariaman Selatan, untuk meminta keselamatan saat melaut dan kelancaran rezeki kepada Allah SWT, Jumat (10/12/2021) sore.
“Kami mengapresiasi warga Desa Taluk yang tetap mempertahankan budaya lokal setempat dengan menggelar ratik tolak bala, dimana kegiatan ini bukan hanya untuk doa keselamatan saja, tetapi bisa dirangkai dengan kegiatan yang bisa mendatangkan pengunjung dan wisatawan,” ujarnya.
Genius menambahkan selama 4 hari kegiatan ratik tulak bala, dimana Desa Taluk ini berhasil membuat rangkaian acara yang menarik, mulai masak bersama dilanjutkan makan bersama, penanaman pohon, zikir bersama, pawai obor dan lomba pacu biduak robin.
“Pacu Biduak Robin merupakan kegiatan yang diikuti oleh nelayan yang ada di sepanjang pesisir pantai yang ada di Kota Pariaman, bukan hanya nelayan Desa Taluk saja, sehingga kita berharap kegiatan ini dapat menarik kunjungan orang ke Kota Pariaman,” ungkapnya.
Dirinya juga meminta kekompakan warga yang ada di desa taluk ini dapat terus dipertahankan, karena membangun daerah tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga ikut andil partisipasi dari masyarakat.
“Semoga semangat kebersamaan dan gotong royong yang telah kita giatkan selama ini, dapat menjadikan Kota Pariaman kita yang tercinta ini, menjadi lebih maju dan masyarakt dapat terjamin kesejahteraanya,” tukasnya lebih lanjut.
Genius juga berharap, agar kegiatan ini dapat terus dipertahankan dan menjadi agenda rutin setiap tahunya oleh Desa Taluk, apalagi dengan telah dilengkapi taman di sekitar pantai taluk ini yang dibangun dengan menggunakan dana desa, sehingga menambah asri dan indah Desa Taluk ini.
Acara ini juga dihadiri oleh GM (General Manager) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar (Sumatera Barat), Toni Wahyu Wibowo, untuk menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kota Pariaman.
(j/sul)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600