Kota Pariaman

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Apresiasi Bank Sampah Tunas Muda Kota Pariaman

82
×

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Apresiasi Bank Sampah Tunas Muda Kota Pariaman

Sebarkan artikel ini
Bank Sampah Tunas Muda
Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Apresiasi Bank Sampah Tunas Muda Kota Pariaman.

Kota Pariaman, Mjnews.id – Untuk mengurangi volume sampah dan menjadikan sampah menjadikan sesuatu yang bernilai, memang diperlukan kehadiran Bank Sampah di setiap daerah, kalau perlu di setiap Desa/Kelurahan, sehingga nantinya akan menggurangi volume sampah yang akan sampai di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), dan Hal ini telah dilakukan oleh Bank Sampah Tunas Muda, Kota Pariaman ini, karena itu kami mengapresiasi atas hal tersebut.
Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Novrizal Tahar, yang didampingi Walikota Pariaman, Genius Umar, ketika meninjau Bank Sampah Tunas Muda, Kelurahan Jawi-Jawi II, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu 16 Januari 2022 sore.
Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pariaman, dirinya bersama rombongan KLHK RI, mengunjungi Pembangunan Fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Kota Pariaman, yang berlokasi di Desa Tungkal Utara, dimana pembangunan PDU ini merupakan bantuan APBN dari Ditjen PSLB3 KLHK tahun 2021, sekaligus melihat apa saja yang telah dibuat dan dikembangkan oleh Bank Sampah Tubas Muda ini.
“Ternyata banyak sekali program Bank Sampah Tunas Muda Kota Pariaman ini, dan semuanya sangat bermanfaat bagi masyarakat sendiri maupun bagi lingkungan, dan hal ini harus terus dikembangkan dan hendaknya dapat ditiru oleh Bank Sampah-Bank Sampah lainya,” ujarnya.
Novrizal Tahar juga mengingatkan kepada Walikota Pariaman, agar dapat terus mendampingi dan membina Bank Sampah Tunas Muda yang telah sukses mengembangkan Magot dan produksi Ecoenzyme ini, ulasnya mengakhiri.
Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa pihaknya, melalui Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup, terus membina Bank Sampah yang ada di Kota Pariaman, salah satunya adalah Bank Sampah Tunas Muda di Kelurahan Jawi-Jawi II ini.
“Keberadaan bank sampah memberikan banyak manfaat, baik untuk nasabah maupun lingkungan sekitar. Dengan adanya bank sampah dapat mendorong tumbuhnya niat masyarakat dalam mengelola sampah secara tepat dengan cara memilah dan mengolah sampah,” tuturnya.
Genius menambahkan dengan adanya keasadaran masyarakat ini, akan menumbuhkan rasa cinta dan peduli akan lingkungan. Selain itu, dengan adanya bank sampah juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Sebab, bank sampah memberikan peluang pekerjaan serta memberikan penghasilan tambahan, ucapnya.
Menurut Direktur Bank Sampah Tunas Muda, Bank Sampah yang digagas oleh Yulhendri atau akrab disapa Dedek ini, bank sampah yang dikelolanya telah mampu memproduksi Pupuk Organik Padat dan Cair yang berasal dari sampah yang diurai dengan mikro organisme dengan menggunakan Ulat Maggot.
“Hasil produksi pupuk organik ini telah mendapat sertifikat Akreditasi dari Komisi Akreditasi Nasional, dan kita juga menjalin kerjasama dengan Universitas Dharma Andalas, dalam pembuatan Ecoenzyme ini,” tukasnya.
Dedek ingin mengelola dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi dan juga berharga, melalui bank sampah Tunas Muda, hingga akhirnya sukses dengan kegiatan yang telah dilaksanakanya selama ini, bahkan menjadi study tiru dari berbagai daerah di Sumbar dan Indonesia, jelasnya.
“Pupuk organik ini dipasarkan ke beberapa daerah di Sumatera Barat dan permintaannya saat ini cukup banyak, dan juga, kita memberikan pendampingan untuk budidaya maggot bagi peternak baru, baik dari Kota Pariaman sendiri, maupun dari sekitar Sumbar,” kata dedek
Ia juga mengungkapkan, tujuan dirinya membuat bank sampah ini adalah untuk membantu mengurangi volume sampah yang ada pada masyarakat yang ada di kelurahan jawi-jawi II ini, dan juga volume sampah yang ada di kota pariaman ini, dan menjadikanya sebagai penambah penghasilan bagi masyarakat.
(j/sul)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT