Kota SawahluntoSumatera Barat

Wawako Sawahlunto Tutup Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

193
×

Wawako Sawahlunto Tutup Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

Sebarkan artikel ini
Penutupan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City
Penutupan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City. (f/humas)

MJNews.id – Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, resmi menutup pelaksanaan Bimtek penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I yang diselenggarakan di Gedung Sentra IKM Kota Sawahlunto, Kamis 5 Juli 2023.

Wakil Walikota menyampaikan, melalui tahapan gerakan Smart City melalui Bimtek yang dilaksanakan ini, Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I ini, tentunya akan di peroleh sebuah dokumen Masterplan Smart City yang di harapkan dapat mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Disampaikan lebih lanjut, kegiatan yang merupakan bagian dari Gerakan menuju 100 Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Dalam Negeri ini, juga sejalan dengan Visi dan misi ke 9 Walikota Sawahlunto periode Tahun 2018-2023 terkait mewujudkan kota berbasis Smart City dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investasi dan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

“Melalui kegiatan ini, 6 Pilar Smart City yang telah dikerjakan oleh Tim (smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding) benar-benar dapat menghasilkan Quick Win Program Unggulan Kota Sawahlunto yang berbasis kearifan lokal sehingga pendekatannya tidak hanya government tapi governance,” tutur Wawako.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto, Nova Erizon dalam laporannya menyampaikan bahwa pada hari pertama, Bimtek tersebut diikuti oleh 28 OPD, 10 Kelurahan, serta Seluruh Dewan Smart City dan Seluruh Tim Pelaksana Gerakan Smart City Kota Sawahlunto sementara di hari keduanya diikuti oleh Seluruh Tim Pelaksana Gerakan Smart City Kota Sawahlunto.

Dari hasil Bimtek Tahap I ini dapat dirumuskan Pada Hari Pertama telah dilakukan pengisian Kertas Kerja Analisis Isu Daerah pada 6 Dimensi Smart City Kota Sawahlunto (Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment). Sementara pada hari kedua telah dilakukan Pengisian Kertas Kerja Analisis SWOT-TOWS yang diisi oleh masing-masing OPD Kota Sawahlunto. Dari 6 Dimensi Smart City tersebut masing-masing dimensi telah mempresentasikan Analisis SWOT-TOWS nya.

Nova Erizon juga menyampaikan terimakasihnya kepada Pendamping dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto yang telah menjadi pendamping dalam Bimtek ini, karena hanya 3 daerah yang ada di Sumatra Barat, yang didampingi oleh Tenaga Ahli Smart City ini, salah satunya Kota Sawahlunto.

Sementara itu, Tenaga Ahli Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Agus Try Cahyono berikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada pemerintah kota Sawahlunto yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Tugas kami hanya sebagai fasilitator dan pendamping kegiatan saja, untuk konten utama itu ada dari para peserta yang berasal dari segenap Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kota Sawahlunto,” kata Agus.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT