Kota SawahluntoKemenagSumatera Barat

Jelang Launching, Dua Kampung Moderasi Beragama di Sawahlunto Dapat Sosialisasi

169
×

Jelang Launching, Dua Kampung Moderasi Beragama di Sawahlunto Dapat Sosialisasi

Sebarkan artikel ini
Dua Kampung Moderasi Beragama Di Sawahlunto Dapat Sosialisasi
Dua Kampung Moderasi Beragama di Sawahlunto Dapat Sosialisasi. (f/humas)

MJNews.id – Kelompok kerja (Pokja) Kecamatan Kampung Moderasi Beragama (KMB) Talawi dan Lembah Segar menggelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama pada desa/kelurahan rintisan masing-masing, Rabu 12 Juli 2023.

Tim Pokja Kecamatan yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat langsung bertindak selaku narasumber. Adapun peserta berasal dari perwakilan tokoh-tokoh masyarakat,desa/kelurahan baik dari kalangan Islam maupun Non Muslim.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Kasi Bimas Islam Kemenag Sawahlunto, Zulfahmi menjelaskan, kegiatan dilaksanakan di setiap kecamatan pada desa/kelurahan rintisan yang ditunjuk Pokja terkait.

“Tidak semua desa/kelurahan diberikan sosialisasi, tahun ini hanya ada 2 lokasi yakni Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar dan Desa Sikalang Kecamatan Talawi,” ujarnya.

Menurut Zulfahmi, KMB adalah istilah bagi desa atau kelurahan yang memiliki cara pandang, sikap dan praktek beragama yang moderat dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional.

“Insya Allah tanggal 27 Juli besok akan diluncurkan serentak seluruh Indonesia secara Hybrid oleh Kemenag RI,” ungkapnya.

Ia berharap, sosialisasi akan terus dilanjutkan penyuluh agama Islam melalui objek binaan bersangkutan.

“Setelah launching, 2 daerah rintisan terbaik akan ada pengembangan kampung moderasi beragama berbasis lingkungan sesuai potensi desa/kelurahan yang dimiliki,” tuturnya selaku tim Pokja kota saat meninjau pelaksanaan rintisan KMB di Kelurahan Tanah Lapang.

Tokoh masyarakat Tanah Lapang, Epy Kusnadi meminta Kemenag turut menggerakkan warga mengembangkan potensi keagamaan melalui kampung moderasi beragama. Jika tidak ada perubahan sosialisasi serupa akan digelar di Desa Muarokalaban Kecamatan Silungkang.

Hadir pada acara itu, Sekretaris Camat, Babinsa Polsek Kota, tokoh masyarakat beserta unsur desa/kelurahan.

(Uni)

Kami Hadir di Google News