Parlemen

Jokowi Nyatakan Papua Aman, Begini Tanggapan Guspardi Gaus

139
×

Jokowi Nyatakan Papua Aman, Begini Tanggapan Guspardi Gaus

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ii Dpr Ri, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus menilai pernyataan Presiden Jokowi tentang kondisi Papua sudah memasuki zona aman membuat masyarakat tenang dan menyambut positif hal yang disampaikan oleh Jokowi tersebut.

“Kita merasa gembira dengan pernyataan Presiden yang menyebut Papua dalam situasi yang sudah aman. Semoga sesuai dengan kenyataan di lapangan dan kondusif situasi yang dirasakan oleh masyarakat di bumi Cendrawasih,” kata Guspardi Gaus, Rabu (12/7/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Guspardi Gaus yang juga Anggota Baleg DPR RI ini pun meminta agar TNI-Polri dapat menjaga wibawa kepala negara mengenai situasi keamanan di Papua yang merupakan bagian dari NKRI yang berada di wilayah timur Indonesia.

TNI-Polri mesti siap sedia menjaga kondusifitas keamanan di Papua. Dua intitusi ini tidak boleh lengah menjaga keamanan dan ketertiban serta selalu mewaspadai pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan seluruh organisasi dan orang-orang yang mendukungnya, ulas Legislator asal Sumatera Barat itu

“Bagaiamanapun KKB tidak sekedar pengacau keamanann, tetapi telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai kelompok teroris,” tegas Pak Gaus ini.

Pada prinsipnya, negara tidak boleh kalah dengan pengacau keamanan. “Wibawa Presiden sebagai Kepala Negara yang menyatakan kondisi keamanan terkendali dan kondusif, harus menjadi warning kepada TNI-Polri agar betul-betul siap siaga sebagai institusi yang bertanggungjawab mengenai keamanan, ketertiban dan kenyamanan bagi masyarakat di tanah Papua secara keseluruhan,” pungkas politisi dari Fraksi PAN tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan respons bahwa Papua dalam situasi aman dan terkendali secara keseluruhan dari konflik di Bumi Cendrawasih itu. Semua pihak harus melihat Papua dari sisi yang positif dan tidak perlu membesar-besarkan persoalan kecil di Papua.

(***)

Kami Hadir di Google News