Kota SawahluntoOlahragaSumatera Barat

Sulut Juara Umum Kejurnas Pacu Kuda Pordasi ke-57 Seri I Piala Presiden

373
×

Sulut Juara Umum Kejurnas Pacu Kuda Pordasi ke-57 Seri I Piala Presiden

Sebarkan artikel ini
Sulut Juara Umum Kejurnas Pordasi Ke-57 Seri I Piala Presiden
Sulut Juara Umum Kejurnas Pordasi ke-57 Seri I Piala Presiden. (f/humas)

MJNews.id – Pengprov Pordasi Sulawesi Utara meraih juara umum pada Kejuaraan Nasional/Kejurnas Pacu Kuda Pordasi seri I ke-57 Piala Presiden RI di Gelanggang Pacuan Kuda Kandi Sawahlunto, Sumatera Barat, Minggu 30 Juli 2023.

Tim Pengprov Pordasi Sulut berhasil mencatatkan total 56,5 poin, mengungguli DKI Jakarta yang berada di posisi kedua dengan 24 poin, sementara Sumatera Barat berada di urutan ketiga dengan total 18,5 poin, diikuti oleh Jawa Timur dengan 10,5 poin, dan Jawa Barat di posisi kelima dengan total 10 poin.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pada Kejurnas ini, Sulut berhasil meraih juara pertama dalam beberapa kelas, seperti kelas 2 tahun pemula C/D – 1.200 meter, di mana kuda Atarceder Nagari milik Olly Donkokambay berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh kuda Amarangga Jabar milik Lira Sabria dan kuda Nyalo Agogo Sumbar milik M. Tonik.

Dalam kelas 4 tahun A/B – 2.000 meter, kuda Azaria Eclipse Sulut milik Imam Hartono juga berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh kuda Suktan Jentak DKI milik Aryo dan kuda Ajisaka Jabar milik K. Sabria.

Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, yang membuka Kejurnas tersebut, memberikan apresiasi kepada para pemenang dan menyatakan bahwa olahraga pacuan kuda telah menjadi tradisi bagi masyarakat Sumbar, bahkan sudah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda. Ia menyatakan bahwa penyelenggaraan Kejurnas ini adalah bentuk dukungannya terhadap olahraga pacuan kuda dan menambahkan bahwa pada bulan Oktober nanti, Sumbar juga akan menyelenggarakan Pacuan Kuda memperebutkan Piala Gubernur.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, selaku Ketua PORDASI Sumbar melaporkan bahwa Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden ke-57 ini diikuti oleh utusan dari sembilan provinsi, termasuk Aceh, Sumbar, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. Jumlah kuda yang berpacu pada babak final mencapai 99 ekor pada 10 race pacuan, dengan total hadiah sebesar Rp. 500 juta.

Ketua Umum PP PORDASI, Ibu Triwatty Marciano, serta sejumlah pejabat daerah juga hadir dalam acara tersebut. Semua peserta diharapkan untuk mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan sportivitas dalam pertandingan.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT