Kota SawahluntoPendidikanSumatera Barat

SDN 02 Sapan Sawahlunto Dikunjungi Tim Asesor Akreditasi BAN-S/M

245
×

SDN 02 Sapan Sawahlunto Dikunjungi Tim Asesor Akreditasi BAN-S/M

Sebarkan artikel ini
SDN 02 Sapan Sawahlunto Dikunjungi Tim Asesor Akreditasi BAN Sekolah/Madrasah
SDN 02 Sapan Sawahlunto Dikunjungi Tim Asesor Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. (f/yuni)

MJNews.id – Tim Asesor Visitasi Akreditasi tahun 2023 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengunjungi Sekolah Dasar Negeri/SDN 02 Sapan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Rabu 4 Oktober 2023.

Kunjungan tim Asesor ini didamping langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Sudirman, MPd.T.

Dalam sambutannya, Sudirman menyampaikan, kunjungan Tim Asesor ke SD Negeri 02 ini untuk meminta pertanggung jawaban sekolah dimana kalau sekolah ini sudah terakreditasi dengan baik tentu proses pembelajran di SDN 02 sapan ini pasti sudah baik juga.

Sudirman menjelaskan, jika di atas tahun 2020 untuk akreditasi sekolah ini berdasarakan berbasis pemenuhan Administrasi, tapi sejak tahun 2020 berubah paradigma nya terkait akreditasi tersebut, yakni berdasarkan performance.

“Jadi kunjungan tim Asesor yang berkunjung ke SDN 02 Sapan selama dua hari ini, mereka tidak melakukan penilaian tetapi lebih memastikan, apakah nilai yang sudah diisi oleh sekolah ini benar proses pembelajarannya sudah seperti yang disampaikan, apakah mutu gurunya sudah bagus, apakah managemen sekolahnya sudah oke atau belum, unutk itu diharapkan kepada seluruh Kepala sekolah dan semua bahagian yang ada di sekolah ini untuk memberikan informasi yagn seluas luasnya sehingga apa yang diisi nantinya sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,” paparnya.

“Tidak salah kiranya kita berharap dengan kedatangan tim asesor ini kita bisa mepertahankan akreditasi dan prestasi yang sudah tersebut,” pintanya.

Sementara itu, salah seorang tim Asesor, Suryadi menyampaikan, kunjungan yang dilakukan oleh timnya selama dua hari ini untuk melihat sebenarnya yang terjadi.

Dirinya menjelaskan, visitasi ini dilakukan dengan melihat dan melakukan beberapa Item, diantaranya tanya jawab dengan pihak sekolah terkait dengan data data yang telah dilengkapi sekolah, melakukan observasi, pengisian angket, selanjutnya juga akan dilakukan proses wawancara kepada kepala Sekolah, majelis guru dengan tenga kependidikan, dengan orang tua murid, pengurus komite dan masyarakat.

“Kunjungan kami kesini tidak untuk menilai melainkan untuk visitasi terhadap kelayakan program yang telah diunggah oleh sekolah, mengali informasi seberapa jauh informasi yang disampaikan kepala sekolah yang menyatakan bahwa sekolah SDN 02 ini sudah hebat,” kata Suryadi menjelaskan.

Sedangkan Kepala Sekolah SDN 02, Syafrizal menyatakan terima kasih kepada tim Asesor yang telah melakukan Visitasi Akreditasi ke Sekolah SDN 02 ini, semoga melalui Visitasi Akreditasi yang dilakukan ini SDN 02 bisa mendapatkan nilai yang terbaik lagi.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600