Sumatera BaratKemendagri

Gubernur Sumbar Minta Fungsi Baznas Dimaksimalkan Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

398
×

Gubernur Sumbar Minta Fungsi Baznas Dimaksimalkan Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Mahyeldi-Dalam-Rakernas-Forsesdasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi sampaikan sambutan dalam Rakernas Forsesdasi di Hotel Santika, Kota Padang. (f/kominfotik)

Pemerintah pusat berharap pengentasan kemiskinan ini dapat dilakukan secara bahu-membahu. Apalagi urusan pengentasan kemiskinan melalui dukungan BAZNAS akan mempertemukan cita-cita setiap kepala daerah untuk membantu orang miskin.

“Saya setuju apa yang disampaikan Gubernur Sumbar, masyarakat yang penyandang miskin ekstrim, adalah masyarakat paling miskin yang wajib kita bantu,” kata Suhajar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Untuk itu perlu sinergitas yang kuat, selain menggerakkan seluruh pegawai, kemudian Pemda bisa dorong BUMD, dan pihak swasta turun bersama mengentaskan kemiskinan di daerah.

Banyak Sekda Tidak Hadir

Selanjutnya, Ketua Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menyorot banyaknya ketidakhadiran Sekda pada forum ini.

Alasannya, karena tugas dasar Sekda, yaitu membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah serta lembaga teknis daerah. Sekda memiliki peranan penting dalam proses pengelolaan pemerintahan daerah.

“Sekda, baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, punya fungsi dasar sebagai eksekutor, koordinator, dan fasilitator. Sekda merupakan posisi yang strategis,” kata Lalu Gita.

Ketua Forsesdasi Jabar, H. Acep Jamhuri menyampaikan Raker Komwil Forsesdasi ini digelar sebagai wadah untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar para Sekda di Jabar.

Forsesdasi merupakan wadah partisipasi Sekda guna merumuskan berbagai kebijakan nasional terkait dengan Pemerintahan Daerah sekaligus memberikan ide dan solusi dalam pelayanan pada masyarakat.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT