banner pemkab muba
Sumatera Barat

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan PL-UMKM dan Enumerator Terbaik Sumbar 2022

132
×

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan PL-UMKM dan Enumerator Terbaik Sumbar 2022

Sebarkan artikel ini
Berikan Penghargaan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi serahkan penghargaan kepada Enumerator Terbaik 2022. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Gubernur Mahyeldi memberikan penghargaan kepada 9 Kabupaten/Kota yang telah meraih Pendataan Lengkap, Koperasi, UMKM (PL-UMKM) di Sumatera Barat Tahun 2022, di Hotel Santika Padang, Kamis (22/12/2022).

Sembilan Kabupaten/Kota tersebut adalah Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Solok.

Gubernur juga berikan penghargaan kepada lima Enumerator Terbaik Tahun 2022 antara lain Dewi Oktiri Yeni dari Kabupaten Padang Pariaman, serta Hendro Arianto, Feri Fanando Saputra, dan Silvi Fitriani dari Kota Padang.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi, menyampaikan Amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM RI ditunjuk sebagai walidata Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM).

“Untuk itu Kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM secara nasional telah dimulai pada Tahun 2022 dan ditargetkan selesai pada Tahun 2024 dengan target jumlah data terkumpul 64 juta KUMKM.” imbuh gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, secara umum gambaran usaha masyarakat Sumbar, selain pertanian adalah UMKM. Usaha tersebut bergerak di sektor industri, industri rumah tangga, jasa, dan perdagangan. Mayoritas masih skala mikro dan kecil. Dari data yang diolah bersumber dari BPS tahun 2016, data Kemenkop UKM RI dan lainnya jumlah Usaha mikro berjumlah 531.350 unit (89.59 persen), Usaha kecil 53.431 unit (9,01 persen).

“Untuk menunjang keberhasilan pembangunan UMKM salah satunya adalah dengan pemberdayaan dan pengembangan produk unggulan daerah. Sumbar mempunyai beragam potensi unggulan daerah,” ujar gubernur.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600