banner pemkab muba
BawasluKota SawahluntoSumatera Barat

Bawaslu Kota Sawahlunto Gelar Diskusi terkait Keinginan Masyarakat Silungkang Memekarkan Dapil

122
×

Bawaslu Kota Sawahlunto Gelar Diskusi terkait Keinginan Masyarakat Silungkang Memekarkan Dapil

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Kota Sawahlunto gelar kegiatan Diskusi Publikasi dan Dokumentasi penetapan jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan
Bawaslu Kota Sawahlunto gelar kegiatan Diskusi Publikasi dan Dokumentasi penetapan jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan, Sabtu 4 Maret 2023. (f/ist)

Sawahlunto, MJNews.id – Bawaslu Kota Sawahlunto gelar kegiatan Diskusi Publikasi dan Dokumentasi penetapan jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Sawahlunto, yang dilaksanakan di KHAS Ombilin, Sabtu 4 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Dwi Murini, MPd menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk menginput dan merangkum serta mendorong keinginan masyarakat khususnya Silungkang yang ingin memekarkan dapil untuk pemilu 5 tahun ke depannya.

Disampaikan Dwi Murini, sebenarnya keinginan masyarakat tersebut sudah ada sejak 2019 lalu.

”Biasanya di Sawahlunto ada 3 Dapil dimana untuk Kecamatan Silungkang bergabung dengan dapil Lembah Segar. Jika memang ingin memerkarkan Dapil, perlu ada dorongan dari tigo tungku sajarangan, seperti Pemerintah kota, Ninik mamak dan KPU. Hal itu perlu didorong dari sekarang, karena ada 8 unsur yang harus terpenuhi secara kolektif dalam pemenuhan syarat tersebut sehingga dapat memenuhi unsur-unsur yang sudah ditetapkan oleh Peraturan KPU,” paparnya.

Dwi Murini juga mengatakan, Pemecahan Dapil ini tidak lain adalah keinginan masyarakat yang ingin mendapatkan kemajuan secara infrastruktur terhadap satu kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto terhadap pembangunan.

Bawaslu memandang perlu kegiatan ini dilakukan untuk menyuarakannya sedini mungkin kepada yang terundang khususnya Insan Pers Sawahlunto, jika tidak disuarakan sedadari dini, tidak akan mungkin 5 tahun ke depan, syarat-syarat yang ditetapkan KPU tersebut dapat dipenuhi.

Mengakhiri sambutannya, Dwi Murini mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat menghasilkan apa yang dicita-citakan, berupa pemekaran dapil tersebut untuk kota Sawahlunto di Pemilu ke depannya. Tidak ada salahnya keinginan yang diharapkan masyarakat ini dapat diwujudkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner Bawaslu seperti Fira Hericel dan Arlin Junaidi, serta diikuti juga oleh utusan perwakilan OPD terkait seperti Kesbang Pol, bagian pemerintahan, Camat Lembah segar dan juga Camat Silungkang serta Insan pers dari berbagai media di Kota Sawahlunto.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600