Pesisir SelatanSumatera Barat

Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel Segera Bagikan 10 Ribu Bibit Durian Unggul

138
×

Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel Segera Bagikan 10 Ribu Bibit Durian Unggul

Sebarkan artikel ini
Dinas Pertanian Dan Peternakan Pessel Segera Bagikan 10 Ribu Bibit Durian Unggul
Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel Segera Bagikan 10 Ribu Bibit Durian Unggul. (f/ist)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan segera membagikan bantuan bibit durian unggul kepada masyarakat.

Sebelumnya, pembibitan dilakukan oleh pihak Dinas Pertanian dan Perternakan setempat yang berada di belakang kantor. Proses pembibitan sudah dilakukan sejak 2022 lalu, dan kini tiba masanya untuk dibagikan dan siap untuk ditanam.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Dalam waktu dekat, kita akan membagikan 10 ribu bibit durian unggul ini,” jelas Madrianto, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pesisir Selatan, Rabu (11/1/2023) di Painan.

Madrianto mengatakan Kabupaten Pesisir Selatan memiliki sejumlah varietas durian unggul yang tak kalah bagus dengan daerah lain. Untuk itu, pihaknya mencoba melakukan pengembangan termasuk mengurus sertifikasi durian.

“Proses sertifikasinya sedang berlangsung. Kita coba kembangkan seperti durian sambung dan durian gajah. Kita melakukan pengembangan mulai dari penyiapan batang bawah dan penyambungan,” katanya lagi.

Dengan potensi durian di Pesisir Selatan, dan adanya sertifikasi, maka ke depan nilai jual durian di negeri yang berjuluk sejuta pesona tersebut dapat lebih meningkat.

Potensi itu dapat dimanfaatkan petani durian untuk meningkatkan perekonomian.

Diketahui, pengembangan bibit durian unggul tersebut menggunakan APBD Pesisir Selatan tahun anggaran 2022 sebesar Rp200 juta. Meski, dengan jumlah yang minim, Madrianto berharap, bibit durian unggul yang sudah dilakukan pengembangan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Segera kita bagikan kalau sudah siap salurkan. Perkiraan kita bagikan pada Maret 2023,” tuturnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT