Pasaman BaratSumatera Barat

Armiati Kukuhkan Pengurus DPC KPPI Pasaman Barat

146
×

Armiati Kukuhkan Pengurus DPC KPPI Pasaman Barat

Sebarkan artikel ini
Pengukuhan Pengurus DPC KPPI Kabupaten Pasaman Barat
Pengukuhan Pengurus DPC KPPI Kabupaten Pasaman Barat. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Sebanyak 29 orang pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kaukus Perempuan Politik Indonesia (DPC KPPI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Periode 2022-2027 resmi dilantik oleh Ketua KPPI Provinsi Sumatera Barat, Armiati, pada Kamis (16/3/2023).

Pelantikan disaksikan oleh Bupati Pasbar yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pasbar, Defi Irawan dan Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto yang juga merupakan Pembina KPPI Pasbar.

Pelantikan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Pasbar itu, mengusung tema ‘Sinergi Perempuan Politik Mewujudkan Perempuan Tangguh dan Berdaya’.

Bupati Pasbar melalui Kepala Badan Kesbangpol, Defi Irawan mengatakan KPPI merupakan sebuah organisasi independen sebagai wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintas Partai Politik yang bertujuan untuk melahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang sekaligus sebagai pendorong tumbuhnya semangat juang serta meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Ia berharap melalui pelantikan pengurus KPPI ini dapat meningkatkan peran perempuan di dalam demokrasi.

“Seiring dengan semakin meningkatnya pemberdayaan dan partisipasi politik perempuan di Pasbar, maka organisasi perempuan politik menjadi wadah penting bagi pembelajaran politik, agar kaum perempuan mampu mengoptimalkan perannya dan dapat mewujudkan perempuan Tangguh dan berdaya. Perempuan Tangguh dan berdaya yaitu perempuan yang kompak dan dapat bersatu walaupun berbeda partai, semoga kedepannya organisasi ini terdaftar di Kesbangpol,” ucap Defi Irawan.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Ny. Fitri Risnawanto mengucapkan selamat atas dilantiknya Kepengurusan KPPI Pasbar masa bakti 2022-2027.

“Keterwakilan Perempuan dalam parlemen yang hingga saat ini belum mencapai kuota 30 persen sesuai dengan amanat Undang-Undang. Hal ini menjadi salah satu langkah yang dapat mendorong untuk meningkatkan peran perempuan sebagai pemimpin karena potensi atau kemampuan dari seorang perempuan juga tidak kalah dari laki-laki,” kata Ny. Fitri Risnawanto.

Menurutnya, sebagai organisasi pelopor gerakan perempuan politik, KPPI harus berkontribusi dalam pemenuhan kemajuan dan perlindungan hak-hak politik perempuan Indonesia yang adil dan bermartabat.

“Kita berharap agar pengurus KPPI ini tidak hanya hiasan, tapi bagaimana organisasi ini mampu bergerak maksimal,” tegasnya.

Ketua KPPI Provinsi Sumatera Barat, Armiati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada pengurus KPPI Pasbar yang sudah dilantik dan bergabung dalam DPC KPPI.

Ia berharap pengurus yang telah dilantik tidak menjadikan beban bergabung dalam organisasi ini, namun menjadikan wadah untuk belajar bersama.

“KPPI adalah salah satu organisasi yang mendewasakan, bisa berorganisasi dan bisa tampil. Perjalanan kita masih panjang, agar ke depan semakin banyak ibu-ibu yang terpilih di Parlemen dan sama-sama kita membantu program pemerintah,” katanya.

Di akhir sambutannya ia berharap pengurus yang sudah dilantik agar memberikan kontribusi untuk Kabupaten Pasaman Barat dan memberikan perubahan terhadap perempuan untuk lebih aktif melibatkan diri dalam demokrasi sehingga pendapat dan aspirasi dapat tersalurkan.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600