Padang PanjangReligiSumatera Barat

Dipimpin Wako Padang Panjang, Tim Safari Ramadan Kunjungi Tujuh Masjid

173
×

Dipimpin Wako Padang Panjang, Tim Safari Ramadan Kunjungi Tujuh Masjid

Sebarkan artikel ini
Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni
Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni. (f/ist)

Padang Panjang, MJNews.id – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah kota Padang Panjang selalu menurunkan Tim Safari Ramadan kota.

Jika tidak ada aral melintang, Tim Safari Ramadan Kota Padang Panjang dipimpin Wako Fadly Amran, diperkirakan akan turun ke masjid-masjid sekitar pertengahan Ramadan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bulan Ramadan tahun ini, sekitar tujuh masjid akan dikunjungi tim. Dalam tradisi kunjungan ke masjid dan Mushala, tim akan menyerahkan bantuan atau dana hibah pada masig-masing masjid senilai Rp 30 juta. Kemudian, juga turut diberikan bantuan dana hibah pada 12 mushalla dengan nilai masing-masing mushalla Rp 15 juta.

Hal tersebut disampaikan Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni, Senin (27/3/2023) siang di ruang kerjanya.

Bantuan dana hibah diserahkan tahun ini diberikan kepada masing-masing masjid secara giliran, masing masing masjid yang dapat bantuan sudah melalui penseleksian dan tidak boleh berturut-turut.

“Di samping bantuan untuk masjid, juga turut diberikan bantuan dana hibah kepada 12 buah mushalla senilainya Rp 15 juta/ mushalla,” ujar Erwina.

“Mushalla penerima yakni, musholla Al Istiqomah (Silaing Atas), Nurul Ijtihad (Balai Balai), Nurussakinah (Ganting), Nurul Ikwah (Balai Balai), Nurul Hidayah (Ganting), Baiturrahim (Busur), Nurul Hidayah (Ekor Lubuk), Nur Salam (Gumala), Nurul Iman (Ekor Lubuk), Nurul Yaqin LMK (Paus), Istiqomah (Kampung Manggis) dan musholla Nurul Muttaqin Kelurahan Ganting,” terang Erwina.

Erwina mengatakan, puasa tahun ini sama kondisinya pada puasa tahun lalu, di mana Padang Panjang dan daerah lain baru terbebas dari Covid. Jadi, intensitas dan volume keagamaan kita tinggi bila dibanding dia tahun belakang.

“Wajar pemerintah daerah sangat antusias sekali menghadapi bulan puasa dan lebaran. Artinya, sebagai kota Serambi Mekah, momen puasa tahun ini jadi titik balik kebangkitan umat dalam mengamalkan syariat islam tanpa ada aturan yang menghalangi,” tuturnya.

Sementara Analis Kebijakan pada Bagian Kesra Setdako, Suherdi, secara terpisah menambahkan, tujuh masjid penerima dana hibah tahun 2023, antaranya, Masjid Maimunah Ali (Pasar Usang), Masjid Almunawwarah (Koto Panjang), Masjid Al Muttaqin (Silaing Bawah), Masjid An Nuur (Bukit Surungan), Masjid Al Ikhlas (Tanah Hitam), Masjid Baiturrahman ( Bukit Surungan) dan Masjid Ummul Khalisah Kelurahan Silaing.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT