Pesisir SelatanPolriSumatera Barat

Kapolres Pessel Imbau Masyarakat Waspadai Peredaran Uang Palsu

142
×

Kapolres Pessel Imbau Masyarakat Waspadai Peredaran Uang Palsu

Sebarkan artikel ini
Kapolres Pesisir Selatan (Pessel), Akbp Novianto Taryono
Kapolres Pesisir Selatan (Pessel), AKBP Novianto Taryono. (f/ist)

MJNews.id – Kapolres Pesisir Selatan (Pessel), AKBP Novianto Taryono mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu (upal) jelang hari raya Idul Fitri.

”Kami mengimbau pada masyarakat waspada dengan upal, jelang lebaran,” tegas Novianto Taryono, Selasa (04/04/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kapolres mengatakan, ada beberapa cara untuk membedakan mana uang asli dan uang palsu. Yaitu, pertama gunakan metode 3 D (Dilihat, Diraba dan Diterawang), Kedua, klarifikasi ke Bank BI atau ke Bank terdekat jika merasa menemukan dan mendapatkan uang palsu dan yang ketiga melaporkan ke pihak Kepolisian terdekat.

Lebih lanjut Novianto Taryono menjelaskan, ciri-ciri uang palsu adalah, kertas yang digunakan untuk mencetak uang palsu biasanya lebih halus dan lebih kasar dari pada uang yang asli, lebih mudah rusak, warna uang terang, serta lebih mudah luntur jika terkena air.

“Maka pastikan seperti hal di atas, jika mendapatkan uang yang dirasa palsu. Jika perlu, segera laporkan jika melihat orang yang diduga hendak melakukan transaksi uang palsu ke jajarannya di bawah, baik di Polres maupun Polsek-Polsek,” ujarnya.

Terakhir Novianto Taryono mengajak pada seluruh masyarakat agar tetap menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan dan saling menghormati pada warga lainnya sedang melaksanakan ibadah puasa.

Untuk memastikan kenyamanan warga dalam melaksanakan shalat Tarawih, Novianto Taryono juga telah menyiagakan PAM di Masjid dan Mushala.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT