KPUPesisir SelatanSumatera Barat

KPU Pessel Laksanakan Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Bacalon DPRD

152
×

KPU Pessel Laksanakan Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Bacalon DPRD

Sebarkan artikel ini
KPU Pessel Laksanakan Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Bacalon DPRD
KPU Pessel Laksanakan Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Bacalon DPRD. (f/ist)

MJNews.id – Jelang tahapan pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) lakukan Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Bakal Calon (Bacalon) anggota DPRD pada Pemilu Tahun 2024, Selasa (18/4/2023).

“Sosialisasi peserta pemilu dapat memahami mekanisme dan tata cara pengajuan Bacalon. Sehingga proses pencalonan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Epaldi Bahar, Ketua KPU Pessel.

Epaldi Bahar mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut koordinasi yang telah dilakukan oleh KPU Pessel untuk membicarakan pencalonan dengan KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan KPU RI.

Kemudian, Yon Baiki, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pessel mengatakan, meskipun aturan pencalonan kali ini tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2019, namun ada beberapa isu strategis yang perlu dipahami.

Antara lain, Yon Baiki menjelaskan, terkait dokumen persyaratan pengajuan Bacalon, dokumen persyaratan administrasi Bacalon, pengajuan Bacalon, pengajuan perbaikan dokumen persyaratan Bacalon, pencermatan Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT), serta tahapan dan jadwal pencalonan.

“Beberapa hal tersebut salah satunya dilatar belakangi adanya Putusan MK Nomor 87/PUU-XX/2022 soal jeda 5 tahun untuk Mantan Terpidana,” jelasnya.

Yon Baiki menambahkan, ketentuan lain yang menjadi penekanan dari Insan yaitu terkait dengan kebijakan penerapan zipper system pada pencalonan.

Untuk diketahui, Zipper System adalah penempatan bacalon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sekurang-kurangnya 1 orang perempuan dalam 3 (tiga) bakal calon.

“Dalam ketentuan syarat penyusunan pengajuan Bacalon diantaranya setiap 3 orang Bacalon pada susunan daftar Bacalon wajib terdapat paling sedikit 1 orang Bacalon perempuan,” tegasnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600