banner pemkab muba
Kota BukittinggiParlemenPemiluSumatera Barat

Ajak Masyarakat jadi Pemilih Cerdas dan Hebat, Guspardi Gaus Kupas Kiat-kiatnya

151
×

Ajak Masyarakat jadi Pemilih Cerdas dan Hebat, Guspardi Gaus Kupas Kiat-kiatnya

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ii Dpr Ri, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus mengajak masyarakat untuk dapat menjadi pemilih cerdas dan hebat dalam perhelatan demokrasi pemilu 2024 yang merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat.

Menurutnya untuk menjadi pemilih cerdas dan hebat, masyarakat harus tahu hak dan kewajibannya sebagai pihak yang mempunyai hak pilih. Disamping harus memastikan sudah terdaftar sebagai pemilih, hendaknya juga berperan aktif dalam mengawasi tahapan- tahapan pemilu.

Selanjutnya, masyarakat harus mengetahui siapa saja calon yang berkontestasi dan siapa pula yang akan dipilih pada pesta demokrasi di pemilu 2024.

“Baik untuk calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon legislatif. Mulai dari DPRD Kabupten/ Kota, Provinsi sampai DPR RI dan DPD RI,” ujar Guspardi.

Hal ini disampaikannya di hadapan para tokoh masyarakat, Wali Nagari dan Wali Jorong serta Bundo Kanduang peserta ‘Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih’ yang diselenggarakan atas kerjasama antara Komisi II DPR RI dengan KPU RI di Hotel Balcon, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (23/6/2023).

Guspardi meminta masyarakat agar teliti dan lebih cermat sebelum menentukan dan menjatuhkan pilihannya kepada kandidat yang berkompetisi.

Telusuri rekam jejak, visi misi dengan program kerja yang terukur dan realistis dan bisa dijalankan. Bukan program kerja yang dibuat hanya untuk menarik simpati masyarakat.

“Jangan lupa pula telusuri latar belakang, pendidikan, keluarga, dan aktivitas sosial dalam lingkungannya serta kerja dan karya yang sudah dilakukan kandidat untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat,” tutur politisi PAN itu

Legislator dapil Sumatera Barat 2 ini juga mengajak masyarakat sebagai pemilih cerdas dan hebat untuk memberikan informasi seputar pemilu 2024 dari sumber yang terpercaya dan menghindari berira hoax. Kemudian juga ikut mengajak orang-orang sekitarnya untuk menggunakan hak suaranya alias jangan golput.

Soalnya, golput akan merugikan masyarakat karena tidak bisa menyalurkan hak pilihnya. Sayangkan, padahal kita bisa ikut berkontribusi untuk kemajuan Indonesia 5 tahun mendatang.

Tak kalah pentingnya, masyarakat harus berani melawan Politik uang (Money Politik). Pemilih yang cerdas tidak akan pernah tergoda menerima tawaran pemberian sejumlah uang. Dan pemilih hebat juga akan berani merubah stigma ‘Ambil Uangnya dan Jangan Pilih orangnya’ kemudian di ganti dengan tekad ‘Tolak Uangnya dan Jangan Pilih Orangnya’.

“Semangat ini hendaknya terus digelorakan di tengah-tengah masyarakat. Karena Money politik itu akan merusak dan merupakan bentuk pelecehan terhadap masyarakat sebagai pemilih serta pengkhianatan terhadap demokrasi,” tegas pak GG ini.

Oleh karena itu, Jadilah pemilih cerdas dan hebat yang berdaulat tanpa adanya intervensi politik oleh siapapun dan dalam bentuk apapun. Jagalah independensi pilihan politik masyarakat untuk memilih kandidat yang benar-benar terbaik dan kompeten sebagai perwakilan masyarakat untuk duduk di parlemen dan memimpin negeri ini.

“Jadi jangan salah pilih, kemajuan Indonesia ke depannya ditentukan oleh pilihan politik masyarakat yang objektif dan mengedepankan rasionalitas,” ulasnya.

Bagaimanapun, pemilih cerdas dan hebat akan menghasilkan pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga amanah masyarakat.

“Semakin tinggi kualitas Pemilu, semakin baik pula kualitas para wakil rakyat yang terpilih dalam lembaga perwakilan rakyat maupun pemimpin di lingkup eksekutif,” tutup anggota Baleg DPR RI tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600