Sumatera BaratKota Sawahlunto

Pemko Sawahlunto Peringati Hari Disabilitas Internasional ke-31

149
×

Pemko Sawahlunto Peringati Hari Disabilitas Internasional ke-31

Sebarkan artikel ini
Pemko Sawahlunto Peringati Hari Disabilitas Internasional Ke-31
Pemko Sawahlunto Peringati Hari Disabilitas Internasional ke-31. (f/yuni)

Mjnews.id – Peringatan Hari Disabilitas Internasional ke-31 tahun 2023 untuk Kota Sawahlunto diperingati pada hari Kamis, 7 Desember 2023 yang dipusatkan di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto.

Penjabat Walikota Sawahlunto yang diwakili Sekretaris Daerah Ambun Kadri dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini pertama kalinya dimulai pada tahun 1992 yang disepakati dalam dalam Sidang Umum PBB, bahwa Hari Disabilitas itu jatuh pada tanggal 3 Desember 1992 dan diperingati setiap tahunnya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kegiatan kali ini mengambil tema bagaimana bisa bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai SDGs untuk dengan, dan oleh penyandang Disabilitas. “Untuk itu kita perlu meningkatkan, mempercepat, mengintensivkan bahwa kita semuanya bisa dalam rangka memperdayakan dan memberdayakan seluruh anak anak hebat kita,” paparnya menjelaskan.

Ambun Kadri juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk pemahaman global, mengenai isu isu dan penggerakan dukungan untuk penghormatan , perlindungan , dan pemenuhan hak hak penyandang Disabilitas.

“Bagaimana kita di Kota Sawahlunto juga bisa meningkatkan akses penyandang disabilitas, dan bagai mana menyelesaikan dengan cara cara yang kreatif dalam kepedulian kita, kepada anak anak berkebutuhan khusus, dengan kegiatan ini kita bisa berkomitmen pada seluruh elemen masyarakat untuk membangun kepeduilian , meningkatkan rasa percaya diri bagi penyandang disabilitas, mampu bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, dan berbagai aspek kehidupan serta memberi ruang kepada hak penyandang disabilitas sehingga mereka bisa aktif dalam mengembangkan segala potensi yang ada sesuai dengan kemampuan dan diperlakukan setara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya lagi.

Sementara Panitia Pelaksana kegiatan, Yosrizal menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan ini berdasarkan Undang undang nomor 8412 tahun 2016 tentang Disabilitas dan diikuti oleh Peraturan Daerah Kota Sawahlunto nomor 6 tahun 2017 tentang pemenuhan dan perlindungan hak hak Disabilitas, dan juga program kerja dari Dinas PMDPPA Kota Sawahlunto.

Tujuan kegiatan ini sebagai upaya pengukuhan komitmen seluruh bangsa, untuk membangun kepedulian bagi perwujudan, kemandirian kesataraan penyandang disabilitas, dan untuk mengukuhan dan eksistensi terhadap penyandang Disabilitas, dan mendorong hak hak penyandang disabilitas di dalam program kegiatan di Pemerintah Kota Sawahlunto.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini diawali dengan Jalan santai yang diikuti oleh 250 orang terdiri dari anak berkebutuhan khusus, penyandang Disabilitas, anak anak yang yang bersekolah di SDLB, keluarga penyandang disablitias, dan beberapa undangan lainnya.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT