Sumatera Barat

Ribuan Peserta Ikuti Sepeda Sehat Hari Bela Negara ke-75

184
×

Ribuan Peserta Ikuti Sepeda Sehat Hari Bela Negara ke-75

Sebarkan artikel ini
Ribuan Peserta Ikuti Sepeda Sehat Hari Bela Negara Ke-75
Gubernur Sumbar, Mahyeldi lepas Ribuan Peserta Ikuti Sepeda Sehat Hari Bela Negara ke-75. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Dalam rangka menyemarakkan Hari Bela Negara (HBN) ke-75 Tahun 2023, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, membuka iven Sepeda Sehat di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (17/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi mengajak ribuan peserta Sepeda Sehat mengingat kembali pentingnya peristiwa Hari Bela Negara.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Hari Bela Negara bukan hanya tanggung jawab sebagian komponen bangsa dan pemerintah, tetapi ini juga semangat bagi kita semua untuk mempersiapkan generasi muda yang matang pada tahun 2045 nanti. Sehingga, Sumbar tetap berada di posisi terbaik dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Gubernur.

Gubernur mengingatkan, cukup banyak hari peringatan bersejarah yang ditetapkan pemerintah untuk mengingat setiap peristiwa penting dalam proses perebutan kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.

“Pada 74 tahun lalu, tepatnya pada 19 Desember 1948, Indonesia menghadapi situasi genting dengan adanya agresi Belanda kedua yang memaksa perpindahan ibu kota negara dari Yogyakarta ke Bukittinggi serta dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Peristiwa ini adalah hari besar di negara ini yang berada di luar Jawa yang di dasarkan peristiwa PDRI. Oleh karena itu dengan adanya PDRI ini sebagai penyambung nyawa NKRI. Itulah di Sumatera Barat yang kita rayakan pada hari ini. Kalau tidak ada PDRI maka tidak ada Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan menyambut hari bela negara hari ini semua komponen dapat mengetahui betul tentang hari bela negara. “Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi semangat bagi kita dalam rangka untuk menunjukan Sumatera Barat memilki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi untuk NKRI,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon, melaporkan bahwa kegiatan sepeda sehat kali ini memang senagaja digelar dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023.

“Acara ini di selenggarakan agak berbeda dari tahun sebelumnya, hari ini kita sediakan hadiah dengan nominal 30 juta untuk 30 orang pemenang doorprize. Kita berharap ke depan acara ini akan terus kita tumbuh kembangkan untuk bisa hidup lebih sehat,” tuturnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT