Sumatera BaratPertamina

Pemprov Sumbar Mulai Gunakan Breezon Pertamina, Refrigeran yang Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

408
×

Pemprov Sumbar Mulai Gunakan Breezon Pertamina, Refrigeran yang Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Breezon goes to Sumatera Barat - Seremonial Apresiasi dan Kick Off Breezonisasi
Breezon goes to Sumatera Barat - Seremonial Apresiasi dan Kick Off Breezonisasi untuk Pemda yang Lebih Hijau dan Ramah Lingkungan, Senin (18/12/2023) di Hotel Truntum Padang. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengapresiasi langkah Pertamina yang memproduksi Breezon sebagai refrigeran generasi terbaru yang lebih hemat, aman, dan ramah lingkungan. Dimulainya penggunaan Breezon (breezonisasi) di lingkungan perkantoran di Pemprov Sumbar dinilai sebagai wujud kongkrit kepedulian Pertamina dan Pemprov Sumbar terhadap lingkungan.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri acara Breezon goes to Sumatera Barat – Seremonial Apresiasi dan Kick Off Breezonisasi untuk Pemda yang Lebih Hijau dan Ramah Lingkungan, Senin (18/12/2023) di Hotel Truntum Padang.

Gubernur Mahyeldi bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar, Asben Hendri, juga menerima penghargaan sebagai Tokoh Peduli dan Pendukung Breezonisasi di Sumbar.

“Menghadirkan lingkungan yang lebih bersih dan lebih sehat juga bagian dari ikhtiar kita sebagai orang yang beriman. Oleh karenanya, upaya Pertamina melalui produk Breezon ini patut kita apresiasi, karena langkah ini selaras dengan langkah Pemprov Sumbar yang terus berupaya menghadirkan sumber energi ramah lingkungan,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur Mahyeldi meyakini, kehadiran Breezone akan memberikan sumbangan nyata terhadap upaya pengurangan emisi karbon, serta menekan dampak buruk efek rumah kaca. Oleh karenanya, Pemprov Sumbar patut bersyukur atas terjalinnya kerja sama Pertamina dengan Pemprov Sumbar melalui DLH, yang telah memulai penggunaan Breezon untuk kebutuhan pendinginan ruang perkantoran.

“Berdasarkan pengukuran indeks global warming, penggunaan Breezone lebih baik 30 persen ketimbang refrigeran lain, dan mampu menghemat listrik perkantoran hingga 20-30 persen. Bayangkan, jumlah OPD kita di Sumbar ini 50 lebih, belum lagi jumlah sekolah dan instansi pusat. Kalau semuanya menggunakan Breezon, tentu jauh lebih hemat dan lebih sehat,” ucap Gubernur lagi.

Di sisi lain, SVP Research and Technology Innovation Pertamina, Oki Muarza, diwakili oleh VP Downstream Research and Technology Innovation, Ismal Gamar menyebutkan, Pertamina sebagai perusahaan energi tidak akan berhenti untuk terus berinovasi dalam hal energi baru terbarukan. Salah satunya terbukti dengan kehadiran produk Breezon.

“Breezon sebagai produk inovasi akan terus kita kawan sebagai langkah nyata Pertamina dalam menghadapi tantangan transisi energi. Untuk diketahui, Breezon diproduksi oleh kilang-kilang Pertamina, sehingga produk ini murni 100 persen dalam negeri. Sementara sumber energi sejenis lainnya, itu impor,” ucap Ismal Gamar.

Ismal menyebutkan, Pertamina sangat bersyukur atas sambutan hangat Pemprov Sumbar terhadap kehadiran Breezon, yang ditandai dengan pengguaan pertama kali di DLH Sumbar. Ia pun berharap, ke depan akan semakin banyak perkantoran di Sumbar yang turut menggunakan Breezon sebagai langkah nyata kepedulian terhadap penggunaan energi yang lebih ramah dan lebih hemat.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600