Padang PanjangSumatera Barat

Winarno Jadi Plh Sekdako Padang Panjang

334
×

Winarno Jadi Plh Sekdako Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Winarno Jadi Plh Sekdako Padang Panjang
Winarno Jadi Plh Sekdako Padang Panjang. (f/maison)

MJNews.id – Dua nama pejabat senior Pemko Padang Panjang yang santer jadi perbincangan untuk duduki kursi Sekdako pascapelantikan Sonny Budaya Putra (SBP) sebagai Pj Walikota. Dua nama tersebut, antaranya nama, Ewa Soska kini duduki kursi Asisten dan I Putu Venda yang tercatat sebagai Kepala BPBD Kesbang Pol.

Sebelumnya, beberapa nama sempat mengapung untuk mengisi ke kosongan kursi Setdako pasca ditinggal SBP. Nama mencuat sebelumnya, yakni, Alvi Sena (Kadis Perkim LH), Martoni (Asisten), Jevi Cater Eka Putra (Kadis Perdakop UKM) dan Sekwan DPRD, Wita Desi Susanti. Munculnya beberapa nama calon Plt Setdako, tidak terlepas dari tuntutan kegiatan akan diselesaikan jajaran Pemko menjelang penghujung 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dari sekian nama calon Plt Setdako mengapung, menjelang pelantikan SBP, Kamis (12/20/2023) siang di Gubernuran, nama ini makin mengerucut jadi dua nama. Yakni, Ewa Soska dan I Putu Venda. Dua pejabat senior Pemko Padang Panjang ini, sudah miliki rekam jejak cukup panjang dan matang di pemerintahan. Namun demikian, tentu siapa akan jadi pendamping SBP selaku Plt Setdako, tentu sepenuhnya terpulang pada Pj Wako SBP nantinya.

Nama Winarno luput dari pengamatan banyak orang. Dari sekian banyak nama yang beredar untuk jadi Plh Sekdako Padang Panjang, nama Winarno yang dipilih jadi Plh Sekda Padang Panjang pasca dilantiknya Sekda Sony Budaya Putra jadi Penjabat Walikota Padang Panjang.

Dipilihnya Winarno jdi Plh Sekda Padang Panjang di luar perkiraan banyak orang. Pasalnya, nama Winarno tidak pernah terlintas dipikiran banyak orang untuk jadi Plh Sekda. Nama-nama yang santer terdengar selama ini, seperti Ewa Soska, Alvi Sena, I Putu Venda, Martoni dan banyak lagi pejabat senior Padang Panjang bakal jadi sekda pasca ditinggal Sony Budaya Putra dilantik jadi penjabat Walikota Padang Panjang.

Sehubungan telah dilantiknya sekda menjadi penjabat walikota, maka terhitung mulai 12 oktober 2023 kepada Winarno, di samping jabatannya sebagai Kepala BPKD, juga ditugaskan sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, berdasarkan surat walikota berdasarkan surat nomor 800.1.3.1/1458/BKPSDM-PP/2023.

Terpilihnya, Winarno sebagai Plh Sekda Padang Panjang tidak terpikirkan selama ini oleh banyak orang. Pasalnya, sosok Winarno yang selama ini hanya bergelut di keuangan.

Menurut Wartawan Senior Padang Panjang, Syamsoedarman, pada MJNews.id, Kamis (12/10/2023) mengatakan, sebaiknya sosok pendamping Pj Wako SBP betul-betul sosok rendah hati dan mampu membaca kultur masyarakat di samping matang di pemerintahan. Artinya, sosok Plh Sekdako ini jangan hanya sekedar di pemerintahan, tetapi, mampu membangun koordinasi yang baik dengan seluruh elemen dan komponen warga di kota ini.

Jadi, terpilihnya Winarno mendampingi Sony Budaya Putra, sangat tepat rasanya duet ini akan saling mengisi satu sama lain. Winarno campin dalam hal keuangan, Sony Budaya Putra mahir dalam pemerintahan. Jadi, keduanya sukar untuk mencari celah kekurangannya.

Seyogyanya, sosok Plt Setdako benar benar pejabat publik yang mampu menempatkan diri dengan semua lapisan. Harus kita ingat, tugas dan tantangan akan dihadapi Pj Wako bersama Plh Setdako ke depannya cukup berat dan butuh kerjasama semua pihak.

“Harapan itu, tentu ada di figur Winarno. Tidak saja campin dalam keuangan, hubungan dengan kepala OPD cukup bagus,” pungkas Wartawan Senior ini.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT