Pasaman BaratSumatera Barat

Kepala OPD se-Pasbar Tandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPBE

248
×

Kepala OPD se-Pasbar Tandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPBE

Sebarkan artikel ini
Kepala OPD se-Pasbar Tandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPBE
Kepala OPD se-Pasbar Tandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPBE. (f/kominfo)

Mjnews.id – Kepala OPD se-Kabupaten Pasaman Barat tandatangani komitmen bersama dalam penyelenggaraan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) serta menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) SPBE Pasbar tahun 2023, pada Kamis (22/6/2023) di Auditorium Kantor Bupati setempat.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pasbar tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat serta Aparatur yang menangani layanan administrasi dan layanan publik berbasis elektronik pada masing-masing OPD di Pasbar.

Bupati Hamsuardi melalui Asisten II Harisman, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi SPBE Tahun 2022, indeks SPBE Kabupaten Pasaman Barat berada pada nilai 2,36 (dua koma tiga enam), dari skala 5. Dan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut perlu dilakukan persamaan persepsi.

“Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, efesien dan berkesinambungan maka perlu dilakukan persamaan persepsi melalui rapat koordinasi serta penandatanganan komitmen atau kesepakatan bersama tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk seluruh kepala OPD se-Kabupaten Pasaman Barat,” jelas Harisman.

Ia meminta seluruh OPD untuk terus mendukung dan melaksanakan sepenuhnya penyelenggaraan SPBE pada di lingkup Pemkab Pasaman Barat serta mendukung penyelenggaraan keamanan informasi.

“Dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan SPBE, kami sangat mengharapkan komitmen dan integritas dari seluruh OPD. Karena peran masing-masing OPD sangat berimplikasi dari kepatuhan, ketaatan, kedisiplinan, dan keseriusan sebagai upaya mendukung komitmen pimpinan. Agar Kabupaten Pasaman Barat bisa menyukseskan program evaluasi SPBE dengan adanya peningkatan Indeks SPBE, sehingga Kabupaten Pasaman Barat memiliki daya saing. Baik itu di tingkat Daerah maupun ditingkat Nasional,” tegasnya.

Ia berharap partisipasi aktif dari seluruh OPD untuk memberikan informasi, data dukung yang diperlukan dalam melengkapi setiap indikator yang diminta sesuai dengan Peraturan MenPAN-RB Nomor 59 Tahun 2020 tentang Instrumen Pemantauan dan Evaluasi SPBE. Serta memberikan masukan, solusi yang bertanggungjawab demi terciptanya Indeks SPBE Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat yang membanggakan dan memuaskan.

“Untuk menuangkan partisipasi aktif seluruh OPD, dapat disalurkan melalui selalu berkoordniasi dengan Dinas Kominfo dan dengan TIM Koordinasi SPBE yang telah dibentuk,” tutur Harisman.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Imter Pedri dalam laporannya menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi SPBE dilaksanakan untuk memberikan pemahaman yang baik dan persamaan presepsi, meningkatkan kualitas penyelenggaraan SPBE serta untuk meningkatkan nilai indeks SPBE Pasbar dalam Evaluasi Penilaian SPBE yang akan dilakukan tahun 2023.

“Maksud diselenggarakannya Rapat Koordinasi SPBE ini adalah untuk memberikan pemahaman yang baik dan persamaan persepsi kepada seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Pasaman Barat dan Aparatur yang menangani layanan administrasi dan layanan publik berbasis elektronik pada masing-masing OPD. Kegiatan ini juga untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan SPBE yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, efisien, dan berkesinambungan serta untuk peningkatan nilai indeks SPBE dalam Evaluasi Penilaian SPBE yang akan dilakukan tahun 2023 ini,” jelasnya.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600