Pesisir SelatanKPUPemiluSumatera Barat

Rumuskan Kebijakan Pemungutan Perhitungan Suara, KPU Pessel Gelar FGD

235
×

Rumuskan Kebijakan Pemungutan Perhitungan Suara, KPU Pessel Gelar FGD

Sebarkan artikel ini
Img 20230624 194800 Resize 10

MJNews.id – Untuk merumuskan kebijakan pemungutan perhitungan suara tentang PKPU 2024, Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD).

FGD yang diikuti oleh perwakilan Forkopimda, perwakilan Partai politik peserta pemilu Tahun 2024 dan Bawaslu Pessel tersebut dibuka oleh plh Ketua KPU Pessel, Syafrijal, di Meeting Room Hannah Cafe & Resto Painan, Sabtu (24/06/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Syafrijal mengatakan bahwa FGD merupakan upaya KPU memberikan ruang diskusi kepada peserta Pemilu 2024 dan stake holder untuk merumuskan tahapan penghitungan suara.

“Focus grup discussion (FGD) merupakan penyiapan rumusan tahapan penghitungan suara pada pemilu serentak tahun 2024 serta FGD ini merupakan rangka untuk memberikan ruang kepada bapak ibu khususnya peserta Pemilu 2024 untuk memberikan masukan,” ucapnya.

Narasumber dalam kegiatan FGD tersebut adalah Epaldi Bahar, Ketua KPU Pessel Periode 2013-2018 dan 2018-2023.

Epaldi menyampaikan bahwa di sistem pemungutan suara pada pemilu 2024 akan direncanakan menggunakan sistem 2 panel penghitungan.

“Pada proses penghitungan pada pemilu serentak (pemilu 2024) mendatang direncanakan menggunakan metode 2 panel, panel A presiden dan DPD serta panel B itu DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” ucapnya.

Menurutnya, dengan metode tersebut akan mempersingkat waktu proses penghitungan suara dan meminimalisir risiko kelelahan yang dialami oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutam Suara (KPPS) pada proses penghitungan suara.

“Metode ini dirancang dengan dasar pengalaman kita pada pemilihan tahun 2019 kemarin, dimana banyak terjadi kasus kematian yang dialami oleh KPPS akibat kelelahan dalam proses penghitungan suara yang berlangsung sampai pagi hari,” jelasnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT