banner pemkab muba
Solok SelatanInfrastrukturSumatera Barat

Pemkab Solsel Realisasikan Perbaikan Ruas Jalan Sungai Sungkai – Talao

225
×

Pemkab Solsel Realisasikan Perbaikan Ruas Jalan Sungai Sungkai – Talao

Sebarkan artikel ini
Pemkab Solsel Realisasikan Perbaikan Jalan Sungai Sungkai - Talao
Pemkab Solsel Realisasikan Perbaikan Jalan Sungai Sungkai - Talao. (f/kominfo)

Mjnews.id – Lima bulan berselang sejak kunjungan Bupati Solok Selatan, H Khairunas ke Talao, kini aspirasi masyarakat agar ada perbaikan jalan Talao – Mercu – Sungai Sungkai sepanjang 12 Km.

Bupati Solok Selatan, H Khairunas menyebut, perbaikan jalan tersebut adalah Program Unggulan Satu Kecamatan Satu Ekskavator. Dia juga menegaskan bahwa Program tersebut tidak dibuat-buat begitu saja, namun untuk memperlancar mobilitas masyarakat, dengan perbaikan ruas jalan yang rusak.

”Sudah delapan belas tahun Kabupaten Solok Selatan berdiri, namun masih sedikit sekali ruas jalan yang dibangun. Sementara kemampuan APBD tiap tahunnya untuk membangun jalan tersebut sangat terbatas. Oleh karena itu program Satu Kecamatan Satu Ekskavator ini adalah strategi Pemerintah Daerah,” kata Khairunas saat launching Alat Berat di Jorong Mercu, Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan SBJ, Sabtu (29/07/2023).

Bupati turut mengucapkan terima kasih atas keterlibatan semua pihak, kepada Forum TjSLP khususnya perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang ikut berpartisipasi atas perbaikan ruas jalan Sungai Sungkai – Talao.

Adapun perusahaan yang digandeng Pemkab Solok Selatan di antaranya PTPN VI, PT. TKA, PT. Incasi Raya, dan PT. KSI yang mana keempat perusahaan tersebut merupakan perusahaan sawit yang beroperasi di kawasan Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Kita di Kecamatan Sangir Balai Janggo ini masih jauh tertinggal secara pembangunan, sedangkan daerah ini dikelilingi oleh perusahaan-perusahaan besar. Maka dari itu kita bekerja sama menggandeng mereka untuk bergotong royong memperbaiki ruas jalan Sungkei – Talao ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas PUTRP Solok Selatan, Indra Zuardi turut menjelaskan kerja sama Pemkab Solok Selatan dengan keempat perusahaan tersebut adalah bantuan berbagai jenis alat berat yang akan dioperasikan dalam perbaikan jalan tersebut.

“Kita dari Pemkab Solok Selatan bersama 4 perusahaan yang terlibat menerjunkan 2 unit eskavator 2, bku loader, motorgrader, vibro roller, dan dump truck sebanyak 32 unit,” ujarnya

Sementara itu Camat Sangir Balai Janggo, Muslim turut menyampaikan bahwa pembangunan ruas jalan Sungkai – Talao ini dalam perencanaannya terdapat sepanjang 12 kilometer, di mana 9 kilometernya dengan kondisi parah.

“Kerja sama pemerintah daerah bersama beberapa perusahaan ini akan direncanakan dalam masa 12 hingga 15 hari kerja,” katanya.

Berbagai agenda dilakukan dalam program bermalam kali ini di Jorong Mercu, dimulai dengan offroad bersama rombongan Pemkab Solok Selatan, Forkopimda, komunitas pecinta Off Road, dan stake holder.

Pemerintah juga menghadirkan layanan kesehatan dengan menghadirkan para dokter spesialis, pelayanan kependudukan, pelayanan perizinan dan lainnya.

Selain itu, Bupati yang juga didampingi Wabup H Yulian Efi, Asisten, Staf Ahli, Jajaran Kepala OPD dan para Sekretaris juga melakukan temu ramah pada malam ini, dan disertai dengan pemberian berbagai bantuan.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600