Solok SelatanPramukaSumatera Barat

Hari Pramuka, 21 Anggota Dewasa Solsel Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

215
×

Hari Pramuka, 21 Anggota Dewasa Solsel Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

Sebarkan artikel ini
Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Di Kabupaten Solok Selatan
Upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Solok Selatan, Senin (14/8/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Solok Selatan dilaksanakan dengan khidmat. Upacara diikuti oleh Anggota Pramuka Penggalang dan Penegak, Pembina Pramuka dari Gugus Depan, Pengurus Kwarcab dan Kwaran, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (14/8/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) mengatakan segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter,” kata Khairunas membacakan pidato Ka-Kwarnas.

Bupati melanjutkan, dengan tema peringatan “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”, menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional.

Kondisi ini juga mencermati sumber daya manusia yang ada sekarang ini yang dinilai masih jauh dari yang diharapkan.

Menurutnya, wawasan kebanggsan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Di samping itu, saat ini dinilai sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

Kwarnas juga menaruh perhatian pada peningkatan Kualitas Gugus Depan Pramuka.

“Untuk itu, saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan Kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing,” tegasnya.

Dalam upacara ini juga dilakukan penyematan Penghargaan Lencana Pancawarsa kepada Anggota Pramuka Dewasa kepada 21 orang penerima.

Penghargaan ini iberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.

Usai kegiatan ini juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba PBB antar Gugus dan Gugus Depan Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan Hari Pramuka tahun ini.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT