Solok SelatanSumatera Barat

UAS Nikmati Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang Jelang Tablig Akbar di Solsel

166
×

UAS Nikmati Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang Jelang Tablig Akbar di Solsel

Sebarkan artikel ini
Uas Nikmati Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang
UAS Nikmati Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, Sabtu (16/12/2023). (f/diskominfo)

Mjnews.id – Jelang pelaksanaan Tabliq Akbar bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Solok Selatan, UAS bersama rombongan sambangi objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Sabtu (16/12/2023).

UAS bersama rombongannya seketika terpukau melihat kawasan saribu rumah gadang yang seperti kembali ke lorong waktu Minangkabau.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Tak hanya menggambarkan fisik rumah gadang sebagai perkampungannya, akan tetapi juga keramahtamahan masyarakat yang menyambut sederhana kedatangan UAS ke kawasan tersebut.

Kesederhanaan dan suka cita masyarakat yang menyambut seperti kondisi Minangkabau tempo dulu dengan keramahtamaan orang Minangkabau yang berlandaskan pada falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Selain melihat keindahan perkampungan adat, UAS juga dijamu langsung di salah satu rumah gadang di Rumah Gadang Gajah Maram Suku Malayu.

Rumah gadang ini juga menjadi saksi perjalanan masyarakat Minangkabau dari waktu ke waktu. Rumah gadang ini telah berdiri sejak tahun 1794 yang dipimpin oleh Rapun Datuak Lelo Panjang.

Rumah Gadang Gajah Maram ini terdapat 2 pintu masuk dan terdiri dari 9 ruang dan memiliki 2 anjuang. Bangunan lama yang masih kokoh itu menjadikan rumah gadang begitu khas seolah menggambarkan identitas yang kuat sebagai perkampungan adat.

Kunjungan UAS ke Solok Selatan dalam rangka tabliq akbar memeriahkan pelaksanaan MTQN XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Solok Selatan ke-20 tahun yang jatuh pada 7 Januari 2024 nanti.

Kunjungan UAS ke Kawasan Saribu Rumah Gadang didampingi langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Khairunas dan Yulian Efi beserta jajaran pemerintahan Solok Selatan lainnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT