Tanah DatarSumatera Barat

Kunjungi Festival Pesona Minangkabau, Sandiaga Uno Ikut Menari Payung

118
×

Kunjungi Festival Pesona Minangkabau, Sandiaga Uno Ikut Menari Payung

Sebarkan artikel ini
Sandiaga Uno Ikut Menari Payung Saat Festival Pesona Minangkabau Di Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Sandiaga Uno Ikut Menari Payung saat Festival Pesona Minangkabau di Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. (f/prokopim)

Mjnews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno disuguhi Tari Payung dari sanggar seni Puti Bunian saat kunjungi Festival Pesona Minangkabau (FPM) VI tahun 2023 di Istano Basa Pagaruyung, Jumat (8/12/2023).

Di luar dugaan, Menparekraf RI yang akrab disapa Mas Menteri didampingi Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu malah ikut menari Payung.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Usai puas menyaksikan penampilan tari dan malah ikut menari, Mas Menteri pun berkenan mengunjungi stand pameran UMKM yang ada dibelakang panggung kehormatan.

Di kesempatan tersebut, Mas Menteri mengatakan bahwa Festival Pesona Minangkabau ini merupakan event terbesar yang ada di Sumatera Barat dengan beragam atraksi dan produk UMKM.

“Beragam atraksi ini kita harapkan semuanya memiliki semangat inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat pariwisata. Saya ucapkan selamat untuk FPM semoga lancar dan bisa mengembalikan pariwisata seperti sebelum pandemi covid-19,” sampainya.

Mas Menteri menyebutkan, FPM ini merupakan spot yang paling instagramable sehingga diharapkan mampu mendorong kearifan lokal dan pelestarian kebudayaan bisa terus ditingkatkan.

“Saat ini Indonesia sudah menjadi nomor satu sebagai destinasi pariwisata halal terbaik di dunia, untuk itu mari terus kita lestarikan kebudayaan kita dan FPM ini salah satu moment terbaik untuk kita terus mempertahankan warisan budaya leluhur,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa masyarakat Tanah Datar terobati atas kehadiran Menparekraf RI ke Tanah Datar, karena pada saat pembukaan FPM kemarin berhalangan hadir sehingga FPM dibuka oleh Staf Ahli Menparekraf RI Bidang Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi ibu Raden Kurleni Ukar.

“Walaupun kemarin Mas Menteri berhalangan, namun kehadiran pada hari ke dua di FPM ini tentunya menjadi obat dan semangat bagi kami disini,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa FPM ini merupakan finalisasi dari program unggulan (progul) Satu Nagari Satu Event.

Pada tahun 2023 ini, program Satu Nagari Satu Event terlaksana di 25 dari 75 Nagari yang ada di kabupaten Tanah Datar dan puncaknya pada bulan Desember ini kita gelar FPM di Istano Basa Pagaruyung.

Bupati Eka Putra juga berharap event ini ke depannya juga bisa terus ditingkatkan, karena FPM ini sudah 3 (tiga) kali berturut-turut masuk dalam kharisma event Indonesia.

(son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT