banner pemkab muba
Sumatera SelatanMusi BanyuasinTekno

Pemkab Muba Kembali Jalin Kerja Sama dengan Data Center BP Batam

164
×

Pemkab Muba Kembali Jalin Kerja Sama dengan Data Center BP Batam

Sebarkan artikel ini
Pemkab Muba Kembali Jalin Kerja Sama dengan Data Center BP Batam
Pemkab Muba Kembali Jalin Kerja Sama dengan Data Center BP Batam. (f/pemkab muba)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menjalin kerjasama dengan Data Center BP Batam untuk keempat kalinya pada Kamis (11/01/2024) di Batam. Perjanjian Kerja Sama tersebut menyangkut pengamanan terhadap ketersediaan informasi, termasuk pengamanan data dan aplikasi elektronik.

Jenis Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilaksanakan adalah Colocation Server, di mana server milik Dinas Kominfo Muba ditempatkan di Data Center BP Batam sebagai lokasi backup dan replikasi data. Hal ini memungkinkan pemulihan data dan aplikasi elektronik dengan cepat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti server crash atau bencana alam.

Ada 23 jenis aplikasi dari 15 Perangkat Daerah yang telah di-colocation-kan di Data Center BP Batam, dengan pengoperasian backup dan replikasi data yang memenuhi standar internasional ISO 27001:2022. Ini bertujuan untuk menjamin keamanan informasi yang ada di server utama.

Herryandi Sinulingga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba, menyatakan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data.

Dia juga menyebutkan rencana untuk mengembangkan kerjasama dengan memanfaatkan layanan Virtual Private Server (VPS) Data Center BP Batam pada tahun 2024.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam, Sylvia Jeannette Malaihollo, menyampaikan kebahagiaannya karena mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Muba terkait pengamanan data. Data Center BP Batam berstandar ISO 27001:2013 (Keamanan Informasi) dan ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu) serta memiliki sumber daya manusia yang bersertifikasi internasional. Kerjasama ini dianggap sebagai kolaborasi untuk memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun oleh negara.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600