banner pemkab muba
Musi BanyuasinSumatera Selatan

Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat

180
×

Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat
Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba menyelenggarakan sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Rapat Serasan Sekate pada Rabu (14/6/2023).

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba, H. Apriyadi, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Andi Wijaya Busro.

Andi Wijaya menjelaskan bahwa KIM adalah komunitas yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Komunitas ini memiliki aktivitas yang melibatkan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat, dengan tujuan meningkatkan nilai tambah serta membentuk susunan dan keanggotaan forum koordinasi KIM di Kabupaten Muba dalam kegiatan hubungan masyarakat, media, dan kemitraan komunitas.

Menurut Andi Wijaya, keberadaan kepengurusan KIM di Kabupaten Muba memiliki peran penting sebagai penghubung informasi antara pemerintah dan masyarakat umum. Diharapkan bahwa keberadaan KIM dapat membantu dalam melawan disinformasi serta menggali potensi wilayah, sehingga Kabupaten Muba dapat lebih baik dalam memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini.

Salah satu tugas dan peran KIM adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola dan menyebarkan informasi untuk pemberdayaan masyarakat serta mengangkat potensi daerah Muba. KIM diharapkan menjadi mitra kerja pemerintah daerah yang dapat membantu dan menjalin komunikasi yang intensif.

Kepala Dinkominfo, Herryandi Sinulingga, melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik, Achmad Kartiko Buwono, menjelaskan bahwa sosialisasi KIM ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka, dan memahami informasi. Melalui diskusi antar anggota, KIM dapat memberdayakan masyarakat sehingga mereka dapat memilih informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan pribadi, kelompok, dan masyarakat.

Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dua arah antara kelompok/masyarakat dengan pihak pemerintah, sehingga tercipta kerjasama dan kebersamaan.

Sosialisasi KIM dihadiri oleh 80 peserta dan menghadirkan tiga narasumber, antara lain Sekretaris Forum KIM Sumsel, Hendra A Setyawan SKom M.IKom, Amrullah SSTP MSi, dan Maspril Aries. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, tanggal 14 Juni hingga 15 Juni 2023.

(Mira)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600