Musi BanyuasinSumatera Selatan

871 Hektare Lahan Plasma Warga Desa Nusa Serasan Resmi Masuk ke Muba

140
×

871 Hektare Lahan Plasma Warga Desa Nusa Serasan Resmi Masuk ke Muba

Sebarkan artikel ini
Rapat Pembahasan Perubahan Batas Daerah Kabupaten Muba
Rapat Pembahasan Perubahan Batas Daerah Kabupaten Muba. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Pembahasan Perubahan Batas Daerah Kabupaten Muba berdasarkan Permendagri Nomor 39 Tahun 2021, di Ruang Rapat Randik Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, Selasa (3/10/2023).

Rapat yang dipimpin Asisten I Setda Muba H Yudi Herzandi dan diikuti oleh Pemerintah Kecamatan Sungai Lilin, bersama pihak PT Hindoli, ATR/BPN Muba, serta Perangkat Daerah terkait ini membahas Perubahan Batas Daerah Kabupaten Muba dengan Kabupaten Banyuasin berdasarkan Garis Permendagri 39 Tahun 2021 Tentang Batas Kabupaten Muba dengan Banyuasin yang masuk ke wilayah Kabupaten Muba.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Area yang masuk ke wilayah Kabupaten Muba seluas kurang lebih 871 hektar yang merupakan lahan Hak Guna Usaha PT Hindoli, tepatnya di Desa Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin.

Dalam rapat tersebut, Asisten I Setda Muba, H Yudi Herzandi menyampaikan beberapa kesepakatan yang dihasilkan, antara lain Tim sepakat bahwa wilayah HGU PT Hindoli merupakan wilayah Desa Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin, kemudian ATR/BPN Kabupaten Muba siap memfasilitasi atas permohonan revisi NIB peta kadastral atas nama PT Hindoli.

“Setelah ini kita agendakan untuk melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan batasnya,” kata Yudi Herzandi.

Sebelumnya Sekretaris Camat Sungai Lilin Affendi Darojat SH MH mengungkapkan terkait perubahan Permendagri tersebut HGU PT Hindoli seluas kurang lebih 871 sebelumnya berada di wilayah Kabupaten Banyuasin masuk ke dalam Kabupaten Muba tepatnya di Desa Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin.

“Kami dari Kecamatan Sungai Lilin siap mendampingi dan memfasilitasi pemetaan batas wilayah ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Sulaiman perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Muba menuturkan bahwa sebelum terbitnya Permendagri 39, wilayah tersebut merupakan plasma warga Desa Nusa Serasan.

“Kemudian diusulkan untuk masuk wilayah Kabupaten Muba, Alhamdulillah Banyuasin menyetujui,” tutur Sulaiman.

Sementara itu Abdillah Junaidi dari PT Hindoli mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi penyelesaian tentang perbatasan yang berkaitan dengan HGU PT Hindoli ini.

“Semoga permasalahan batas ini segera selesai, sehingga kami bisa berproses untuk merubah izin masuk ke Desa Nusa Serasan,” tandasnya.

(Mira)

Kami Hadir di Google News