BeritaPasaman BaratSumatera Barat

Wabup Pasbar Tebar 10.000 Benih Ikan Nila di Batang Gunung Lembah Melintang

83
×

Wabup Pasbar Tebar 10.000 Benih Ikan Nila di Batang Gunung Lembah Melintang

Sebarkan artikel ini
Wabup Pasbar Tebar 10.000 Benih Ikan Nila Di Batang Gunung Lembah Melintang
Wabup Pasbar Tebar 10.000 Benih Ikan Nila di Batang Gunung Lembah Melintang. (f/pemkab)

Mjnews.id – Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto menebar 10.000 benih Ikan Nila di Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, Rabu 21 Februari 2024.

Didampingi Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus, saat penebaran benih, Wabup Risnawanto meminta masyarakat setempat agar menjaga ekosistem sungai.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Penebaran ikan ini kita dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan ekosistem sungai atau perairan umum, dengan harapan dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat serta dapat meningkatkan kelestarian perairan umum,” kata Wabup Risnawanto.

Ia menilai kegiatan itu sangat penting dilakukan untuk pelestarian sungai dan pemanfaatan perairan umum.

Wabup Risnawanto juga menjelaskan beberapa program Pemda di bidang perikanan salah satunya adalah bantuan bibit ikan, sebagai upaya meningkatkan perekonomian serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kondisi alam sungai kita harus dijaga. Seharusnya dari sungai atau perairan masyarakat mendapatkan nilai ekonomis, semakin lama pertumbuhan penduduk semakin bertambah dan kebutuhan masyarakatpun juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, Pemda memberikan bantuan bibit dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk konsumsi maupun peningkatan ekonomi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus menyampaikan bahwa Pemda Pasbar menyerahkan bantuan kepada Kejorongan Batang Gunung berupa 10.000 ekor ikan nila yang ditebarkan di Batang Gunung.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usulan dari masyarakat Kejorongan Batang Gunung Kecamatan Lembah Melintang.

Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan menangkap ikan dengan cara yang dapat merusak ekosistem perairan seperti menggunakan racun, karena dapat membahayakan ikan-ikan di perairan Batang Gunung.

“Ke depan akan ditetapkan peraturan nagari tentang melindungi perairan umum dan tahun ini juga dapat diusulkan Ranperda terkait pengelolaan perairan umum di seluruh Pasaman Barat dengan harapan seluruh sungai bisa terjaga kelestariannya,” harapnya.

Tokoh masyarakat, Jumalis mengucapkan terima kasih kepada Pemda pasbar yang telah memberikan bantuan bibit ikan. Ia berharap perairan Batang Gunung menjadi lebih bersih dan masyarakatpun bisa menjaga kelestarian sungai.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT