BeritaSumatera Barat

Tokoh Otomotif Sumbar Berpulang, Ini Kenangan Mahyeldi tentang Sosok Almarhum Rani Ismael

279
×

Tokoh Otomotif Sumbar Berpulang, Ini Kenangan Mahyeldi tentang Sosok Almarhum Rani Ismael

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. (f/pemprov)

Demikianlah, kesimpulan banyak kolega Almarhum tentang sosok dirinya semasa hidup. Oleh sebab itu, tidak heran jika hampir semua kalangan dan lintas generasi, merasa cukup dekat dengan sosok Almarhum.

Terakhir, Gubernur Mahyeldi memohon maaf kepada seluruh keluarga besar Bapak H. M. Rani Ismail. Sebab beliau tidak bisa datang langsung melayat ke rumah duka karena saat ini sedang menjalankan ibadah umroh.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Riwayat Rani Ismael

Dikutip dari wikipedia, H. M. Rani Ismael, yang bernama lengkap Sutan Mohammad Rani Ismael (lahir 20 April 1940) adalah seorang pengusaha Indonesia dari Padang, Sumatera Barat.

Ia mengelola beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, di antaranya tujuh kantor cabang dan perwakilan di Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, dan Jakarta.

Rani Ismael juga menjabat sebagai Direktur PT Suka Fajar dan PT Sutan Kasim yang berkantor pusat di Kota Padang.

Rani Ismael lahir di Cimparuah, Pariaman, pada 20 April 1940 itu merupakan putra dari pasangan Haji Sutan Ismael (ayah) dan Hajjah Djoani (ibu), yang berprofesi sebagai saudagar beras dan kapur.

Pendidikan formal Rani hanyalah sampai tamat Sekolah Rakyat (kini SD), tetapi ia mendapatkan pendidikan non-formal dengan disiplin yang keras dari kedua orangtuanya serta pamannya, Sutan Kasim, yang merupakan pendiri PT Sutan Kasim Ltd.

Ketika berumur sembilan tahun, Dia pernah bekerja sebagai penyabit rumput, penggembala sapi, pelayan warung, penjaja pisang goreng, dan tidur di emperan los pasar, namun pada usia 15 tahun ia sudah mengelola toko sepatu dan toko kelontong terkemuka di Kota Padang.

Dalam berbisnis, ia lebih banyak mengandalkan keberanian daripada kemampuan. Namun Rani selalu belajar secara otodidak dengan membaca buku-buku dan mengikuti berbagai kursus serta seminar yang berguna untuk usaha dan pekerjaannya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT