BeritaSumatera Barat

Tokoh Otomotif Sumbar Berpulang, Ini Kenangan Mahyeldi tentang Sosok Almarhum Rani Ismael

294
×

Tokoh Otomotif Sumbar Berpulang, Ini Kenangan Mahyeldi tentang Sosok Almarhum Rani Ismael

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. (f/pemprov)

Rani Ismael menikah dengan Hajjah Syamsidar, dan dikaruniai sepuluh orang anak (satu orang meninggal dunia) yang menjadikan keberhasilan Rani sebagai teladan, sehingga semua anaknya berminat dan berprofesi sebagai wirausaha. Bahkan enam orang anaknya yang sudah sarjana kini sudah menjalankan usahanya masing-masing.

Pada mulanya, pada tahun 1974, Rani berbisnis dengan menjadi diler mobil Amerika seperti Jeep, Ford, dan Dodge. Baru sejak tahun 1976 ia mulai jadi diler mobil Hino.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Karier bisnisnya terus menanjak, dan sejak tahun 1978 sampai sekarang ia menjadi diler mobil Mitsubishi dan diler ban Intirub untuk beberapa wilayah di Sumatra.

Setelah menekuni bisnis otomotif sejak tahun 1974 dengan menjadi Direktur PT Sutan Kasim Ltd pada usia 34 tahun, sejak 20 tahun terakhir Rani dikenal sebagai salah seorang pengusaha otomotif terkemuka.

Tidak hanya itu, ia juga menciptakan dua lagu yang kini menjadi trademark usaha bagi produsen, yaitu lagu Suzuki (tahun 1994-1995) dan lagu Mitsubishi (tahun 1997). Kedua lagu tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Jepang.

Dalam hal penjualan, Rani Ismael mencatat omzet penjualan yang termasuk luar biasa. Untuk penjualan kendaraan jenis Mitsubishi ia tercatat sebagai 10 besar, dan untuk penjualan suku cadang masuk dalam dua besar di Indonesia.

Sedangkan untuk penjualan ban Dunlop ia masuk dua besar, serta sebagai yang terbesar di Indonesia untuk penjualan ban Intirub selama delapan tahun berturut-turut.

Karena kesuksesannya sebagai pedagang, Rani Ismael juga sering diundang untuk menjadi narasumber dalam berbagai seminar tentang wirausaha dan strategi bisnis. Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat periode 2005-2009.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT