BeritaKota SawahluntoKriminalitas

40 Adegan Reka Ulang Ditampilkan dalam Rekontruksi Pembunuhan Casis TNI AL di Sawahlunto

97
×

40 Adegan Reka Ulang Ditampilkan dalam Rekontruksi Pembunuhan Casis TNI AL di Sawahlunto

Sebarkan artikel ini
Rekontruksi Pembunuhan Casis Tni Al Di Sawahlunto
Rekontruksi Pembunuhan Casis TNI AL di Sawahlunto. (f/humas)

Mjnews.id – Terkait pembunuhan Calon Siswa (Casis) TNI AL yang terjadi pada 30 Desember 2022 lalu di Kota Sawahlunto, Senin 22 April 2024, Polres Sawahlunto dan Pomal II TNI AL Padang lakukan rekontruksi pembunuhan terhadap Casis TNI AL, Iwan Sutrisman Telambanua tersebut.

Pembunuhan itu terjadi di lokasi jurang dekat Danau Biru Desa Datar Mansiang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, tanggal 30 Desember 2022 lalu, yang dilakukan oleh dua Tersangka.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Rekontruksi menghadirkan kedua tersangka yaitu Serda Adan Aryan Marsal dan Muhammad Alvian.

Serda Ardan adalah anggota TNI AL Nias yang masih aktif, dengan latar belakang pembunuhan adalah janji akan meluluskan Iwan Sutrisman Telambanua menjadi prajurit TNI AL dan menipu keluarga korban dengan meminta uang lebih kurang menghabiskan materi keluarga tersangka sekitar 300 juta rupiah

Rekontruksi dilaksanakan di Polres Sawahlunto, mengingat lokasi pembunuhan sulit dijangkau dan dikhawatirkan akan banyak didatangi oleh masyarakat sehingga bisa menghalangi proses rekontruksi.

Kasat Reskrim AKP Syafrinaldi, SH menjelaskan, ada 40 reka adegan rekontruksi. Tujuannya untuk agar penuntut umum mudah dalam melakukan penuntutan untuk membuktikan bahwa perencanaan memang benar dilakukan oleh tersangka TNI Adan dan tersangka sipil Alvin sehingga menjadi barang bukti di pengadilan.

“Rekontruksi selesai hari ini. Kita berkerjasama dengan Pomal II TNI AL Padang, karena juga memerlukan kehadiran tersangka utama Serda Adan Aryan Marsal yang merupakan tahanan dari Pomal II TNI AL Padang,” ucapnya.

Bentuk reka adegan yang diperagakan pada saat eksekusi korban Iwan adalah, setelah kedua tersangka dan korban naik mobil rental menuju danau biru dan berputar-putar selama 3 kali di sekitar danau biru.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT