BeritaSumatera Barat

Besok Sirine Gempa dan Tsunami Dibunyikan Serentak, Warga Sumbar Tak Perlu Kaget, Ada Kegiatan Ini

21
×

Besok Sirine Gempa dan Tsunami Dibunyikan Serentak, Warga Sumbar Tak Perlu Kaget, Ada Kegiatan Ini

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi Dengarkan Penjelasan Kalaksa Bpbd Provinsi Sumbar, Rudy Rinaldy
Gubernur Mahyeldi dengarkan penjelasan Kalaksa BPBD Provinsi Sumbar, Rudy Rinaldy. (dok pemprov)

Mjnews.id – Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024 dipusatkan di Youth Centre Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 26 April 2024.

Peringatan ditandai dengan simulasi gempa dan tsunami yang melibat puluhan ribu warga Sumbar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, Rudy Rinaldy mengatakan, tidak hanya di Kota Padang, simulasi gempa dan tsunami juga diikuti serentak di tujuh kabupaten kota yang berada di pesisir pantai Sumbar. Yakni, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Pesisir Selatan (Pessel), Pasaman Barat (Pasbar), Agam, Kepulauan Mentawai.

“Simulasi juga diikuti 30 kabupaten kota yang rawan gempa dan tsunami di Indonesia,” terang Rudy di Padang, Kamis 25 April 2024.

Dikatakannya, Simulasi akan diawali pada pukul 09.00 WIB dengan melakukan penekanan sirine Early Warning System (EWS) oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, di gedung Youth Centre.

Setelah sirine EWS berbunyi, maka langsung diikuti simulasi mitigasi gempa dan tsunami oleh warga Kota Padang.

Simulasi gempa dan tsunami digelar di tiga titik. Yakni di SMPN 1 Padang. Di lokasi ini ribuan siswa dan warga setelah mendengarkan sirine langsung menyelamatkan diri dengan cara evakuasi horizontal berlari menuju tidak zona aman tsunami di SPBU di Jalan Sawahan.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT